10 Alasan Utama Mengapa Anda Perlu Mengamati Pasar Terus-Menerus

mengamati pasar

10 Alasan Utama Mengapa Anda Perlu Mengamati Pasar Terus-Menerus

 

Pasar senantiasa berubah, dipengaruhi oleh kecepatan lalu lintas informasi yang dipicu oleh viralitas media sosial. Pasar yang menurut Anda sama, bisa seketika berubah dengan cepat dan membuat bisnis Anda mendadak kehilangan potensi penjualan yang Anda perkirakan akan terjadi. Hal inilah yang menyebabkan mengapa Anda mesti terus-menerus mengamati pasar yang relevan bagi bisnis Anda.

Andy Groove, mantan CEO Intel, pernah membuat sebuah buku berjudul “Only the Paranoid Survive”, yang mengupas strategi yang diperlukan untuk menghadapi perubahan-perubahan besar yang dihadapi sebuah perusahaan yang bisa terjadi serta-merta dalam tempo yang sangat singkat. Hanya ada 2 pilihan : beradaptasi atau jatuh tersisih dalam persaingan.

Tren baru akan terus bermunculan, dan membuat hal yang baru saja menjadi tren bisa sama sekali dilupakan oleh konsumen. Pengamatan terus-menerus terhadap apa yang terjadi di tengah target pasar Anda adalah suatu keharusan. Hanya dengan demikian Anda bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi di pasar yang Anda sasar dan tren apa yang tengah merebak di kalangan target pasar Anda tadi.

Selain uraian tadi, setidaknya ada 10 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Terus-Menerus Mengamati Pasar bisnis Anda.

#1 Profit Bisnis Anda Bisa Stagnan dan Tidak Bertumbuh

Tanpa pengamatan pasar yang baik, Anda akan kehilangan kemampuan melihat apa yang konsumen inginkan. Efek jangka panjangnya adalah, bisnis Anda akan kehilangan kemampuan untuk memberikan apa yang konsumen butuhkan.

Anda akan sulit mencari konsumen-konsumen baru. Hal ini berakibat pada penjualan Anda akan stagnan. Profit bisnis Anda akan stagnan pula dan sulit untuk bertumbuh.

#2 Bisnis Anda Akan Stop Bertumbuh dan Stop Mengalami Perbaikan

Jika Anda tidak berfokus pada pasar (konsumen), selain penjualan Anda akan stagnan, Anda tidak akan tahu apa yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki penjualan Anda.

Mungkin Anda hanya akan berpikir bahwa permasalahannya adalah di harga, atau di kualitas produk semata, padahal belum tentu itu yang konsumen harapkan dari bisnis Anda. Jika demikian yang terjadi, bisnis Anda akan stop tumbuh dan stop mengalami perbaikan.

#3 Anda Akan Buta Terhadap Pesaing Jika Tidak Mengamati Pasar

Pesaing akan selalu siap menenggelamkan bisnis Anda setiap saat. Jika pesaing-pesaing Anda lebih siaga ketimbang Anda dalam hal memantau pasar yang ada, maka bersiaplah bisnis Anda terhempas tak berdaya tanpa tahu apa yang terjadi.

Dengan mengamati pasar yang ada, Anda juga akan mengetahui langkah-langkah apa yang sudah dilakukan pesaing-pesaing Anda dalam strategi pemasarannya. Hal ini akan membuat Anda sedikit banyak tahu strategi pemasaran apa yang harus Anda lakukan untuk bisa bersaing dengan mereka.

#4 Kemungkinan Anda Untuk Kehilangan Konsumen Semakin Besar

Jika bisnis Anda tidak bisa memberikan apa yang target pasar Anda inginkan saat ini, tentu mereka akan mencari solusi di tempat lain. Bahkan konsumen yang sudah Anda miliki pun bisa saja mendadak mengikuti tren lain yang sedang populer yang dihadirkan oleh pesaing Anda.

Jika hal ini yang terjadi dan Anda tidak segera beradaptasi, kemungkinan Anda untuk kehilangan konsumen semakin besar.

#5 Produk Anda Mendadak Menjadi Kuno di Mata Pasar

Tren baru akan selalu bermunculan. Tren ini biasanya adalah sesuatu yang mendadak menjadi populer di kalangan sebagian orang. Jika selama ini Anda berjualan suatu produk yang masih menjadi tren di kalangan target pasar bisnis Anda, maka bersiaplah produk Anda menjadi kuno dan kurang laku lagi karena kemunculan tren baru yang lebih segar dan populer bagi target pasar yang sama tadi.

Rekomendasi artikel :   3 Prinsip Penting Dalam Menjual

Jika Anda mengurung diri dan tidak memperhatikan perubahan yang terjadi di kalangan target pasar Anda, maka sama saja Anda tidak mempersiapkan pembaruan bagi produk Anda. Seketika itu juga produk Anda menjadi kuno jika tren baru datang.

#6 Anda Tidak Akan Tahu Apakah Produk Anda Masih Menjadi Tren atau Tidak

Tanpa pengamatan pada target pasar, Anda tidak akan tahu apakah target pasar Anda masih menganggap produk yang Anda jual masih menjadi tren atau tidak bagi mereka. Hal ini sangat penting, mengingat dengan mengetahui secara pasti posisi produk Anda di benak konsumen, Anda bisa merancang strategi bisnis sebagai antisipasi hal-hal yang mungkin terjadi yang bisa membuat bisnis Anda terpelanting dari persaingan.

#7 Anda Tidak Akan Mendapat Informasi Tambahan Untuk Perencanaan Operasional Bisnis

Bisnis Anda mungkin beroperasi baik-baik saja dari kacamata Anda. Namun, kondisi pasar yang berubah cepat tentu membutuhkan proses adaptasi yang terus-menerus. Lalu bagaimana Anda akan membuat bisnis Anda adaptif jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda lebih adaptif.

Dengan mengamati pasar, Anda akan mendapat tambahan informasi yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis Anda lebih baik lagi.

#8 Anda Tidak Bisa Meramal Tren dan Keinginan Pasar

Jika Anda cuek dan tidak peduli mengenai perubahan yang terjadi, Anda akan kehilangan kemampuan meramal tren apa saja yang akan terjadi dan apa sesungguhnya keinginan pasar masa kini dan masa mendatang.

#9 Anda Buta Terhadap Arah Pergerakan Ekonomi Lokal dan Nasional

Lebih jauh lagi, apa yang terjadi di pasar seringkali bisa menjadi acuan arah pergerakan ekonomi. Tanpa melihat apa yang terjadi di pasar, Anda tidak akan mampu melihat arah pergerakan ekonomi lokal maupun nasional tempat bisnis Anda berada.

#10 Anda Kehilangan Kesempatan Memiliki Bisnis Yang Berkelanjutan

Setiap pebisnis pasti menginginkan bisnisnya bisa bertahan dan berkembang terus secara berkelanjutan. Sudah dijelaskan di poin-poin sebelumnya bagaimana ketidaktahuan Anda pada kondisi pasar bisa berujung penjualan yang mandek, profit yang stagnan, dan kemungkinan bisnis Anda dikalahkan pesaing.

Nah, jika Anda terus keras kepala dan tidak mau mengamati kondisi pasar, dampak jangka panjangnya adalah Anda akan kehilangan kesempatan memiliki bisnis yang berkelanjutan.

Syarat untuk bisa menjadi sebuah bisnis yang berkelanjutan adalah kemampuan bisnis tersebut yang adaptif terhadap perubahan dan kemampuannya mengetahui dan memberikan apa yang pasar inginkan.

DEMIKIAN, 10 alasan utama yang mungkin terjadi jika Anda tidak melakukan pengamatan kepada pasar.

Sadari perubahan sejak dini jika Anda tidak ingin tergilas dalam persaingan bisnis dan buatlah strategi bisnis Anda dalam kerangka bisnis yang stabil dalam jangka waktu yang lama berdasarkan informasi yang sudah Anda peroleh dari mengamati pasar tadi.

Selamat menikmati dinamika pasar dan bisnis. ^^

download ebook videobook gratis

One comment on “10 Alasan Utama Mengapa Anda Perlu Mengamati Pasar Terus-Menerus
  1. Pingback: Sumber Daya Paling Berharga di Era Digital Ini Bukan Lagi Minyak, Melainkan Data - Celoteh Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *