10 Alasan Mengapa Anda Harus Menjalankan Strategi Pemasaran Yang Berkelanjutan

strategi-pemasaran             10 Alasan Mengapa Anda Harus Menjalankan Strategi Pemasaran Yang Berkelanjutan

Pemasaran menurut Wikipedia adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah segala sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Strategi pemasaran adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah bisnis harus beroperasi untuk mencapai tujuan pemasaran.

Strategi pemasaran ini penting bagi sebuah bisnis kecil yang berusaha bertumbuh. Tanpa mengupayakan adanya pemasaran, sama saja tidak mengusahakan bertumbuhnya bisnis tersebut. Menjalankan strategi pemasaran yang tepat bisa membuat bisnis Anda terus bertumbuh.

Strategi pemasaran ini haruslah Anda jalankan secara berkelanjutan. Mengapa harus berkelanjutan? Bisakah Anda stop di tengah, kemudian melanjutkannya lagi suatu saat nanti?

Berikut ini 10 alasan mengapa Anda harus menjalankan strategi pemasaran yang berkelanjutan.

1. Pasar Terus Berubah

Ya, pasar terus berubah.

Kemajuan teknologi dan peradaban membawa perubahan pada cara-cara orang memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak hal yang di waktu lampau sangat relevan, kemudian menjadi tidak relevan lagi di masa kini. Belum lagi tren-tren sesaat di kalangan anak muda yang memang sangat senang menerima hal-hal baru.

Bisnis yang Anda bangun haruslah mampu melihat kebutuhan konsumen Anda yang kemungkinan besar juga turut berubah sesuai kemajuan jaman.

Ambil contoh, misal Anda berbisnis makanan. Di masa-masa yang lalu, Anda merasa menyediakan tempat makan yang nyaman dan fasilitas take away bagi pelanggan yang ingin menikmati makanan Anda itu sudah cukup.

Lalu kemudian muncul sebuah tren baru, ketika sebuah bisnis angkutan berbasis teknologi aplikasi semacam Gojek menawarkan jasa pesan makanan dan pengantaran langsung ke konsumen sesuai pesanannya. Jika Anda jeli melihat peluang dan tren ini, sudah saatnya Anda menggabungkan diri Anda menjadi salah satu merchant Gojek lewat GoFood-nya agar konsumen Anda bisa lebih mudah menjangkau Anda lewat dunia online.

Selain itu, jika Anda jeli, saat ini banyak kebutuhan yang muncul dari ibu-ibu yang juga adalah kaum pekerja untuk mampu menyediakan makanan yang sehat dan cepat disajikan untuk anak-anak dan suami mereka. Kaum ibu pekerja ini seringkali sibuk dengan pekerjaannya dan hanya memiliki sedikit waktu bagi keluarga, tapi sangat ingin bisa menyajikan makanan yang sehat dan lezat bagi keluarganya.

Jika selama ini Anda hanya berbisnis makanan di lokasi tertentu saja, ada baiknya Anda mulai melirik kesempatan untuk menyediakan makanan setengah jadi yang bisa langsung diolah oleh target pasar ibu-ibu pekerja ini tanpa harus memasaknya terlalu lama.

Jeli melihat pasar yang berubah, adalah kunci agar bisnis bisa terus bertahan di dunia yang cepat berubah ini.

2. Orang Cenderung Cepat Lupa

Sadar atau tidak sadar, berbagai media, baik offline maupun online, setiap hari membombardir kita semua dengan berbagai informasi dan iklan. Segala informasi dan iklan ini benar-benar bisa membuat orang-orang, termasuk pelanggan Anda menemukan hal-hal baru dan menarik perhatiannya.

Sangat mungkin jika produk atau jasa, atau bahkan bisnis Anda dilupakan oleh para pelanggan Anda, hanya karena mereka lama tidak mendengar atau melihat keberadaan Anda. Sehingga keberadaan bisnis Anda di benak mereka mungkin sudah tergantikan oleh merk lain dari pesaing Anda.

Itulah sebabnya Anda tidak boleh serta merta berhenti menjalankan upaya pemasaran yang Anda lakukan, karen pesaing-pesaing Anda sudah siap menggantikan posisi produk bisnis Anda di benak para pelanggan Anda.

3. Para Pesaing Tidak Pernah Berhenti

Ya, pesaing-pesaing Anda akan terus berupaya memperbesar usahanya dengan cara mencari pelanggan-pelanggan baru, yang bisa saja adalah pelanggan Anda.

Ketika Anda berhenti menjalankan strategi pemasaran yang selama ini Anda jalankan, maka tinggal menunggu waktu saja ketika pelanggan Anda kemudian beralih ke pesaing Anda.

4. Pemasaran Yang Anda Lakukan Bisa Memperkuat Identitas Bisnis Anda

Pemasaran bukan melulu soal menjual produk kepada calon pelanggan saja, tapi juga menumbuhkan kepercayaan calon-calon pelanggan kepada bisnis Anda.

Jika Anda menjalankan strategi pemasaran dengan baik dan terus-menerus, maka ini akan menimbulkan efek kepercayaan bagi calon-calon pelanggan Anda. Mereka akan melihat bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang dapat dipercaya, memiliki reputasi yang baik, dan mereka mungkin tidak akan ragu menjadi pelanggan Anda suatu saat.

Rekomendasi artikel :   4 Langkah Mudah Menjadi Penjual Yang WOW!

Pastikan bahwa identitas bisnis atau produk yang Anda jual ini sesuai dengan apa yang Anda komunikasikan lewat strategi pemasaran yang Anda jalankan. Karena jika bisnis Anda tidak bisa memberikan apa yang dijanjikan kepada para calon pembeli dan malah membuat mereka kecewa, maka efek dari strategi pemasaran ini malah akan mempercepat bisnis Anda tutup.

5. Pemasaran Penting Untuk Bertahan Hidup dan Bertumbuh

Tanpa pemasaran, maka Anda akan sulit mendapatkan pembeli bagi bisnis Anda. Bagaimana orang akan mengetahui tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan lewat bisnis yang Anda jalankan kalau mereka tidak pernah mendengar, melihat, ataupun membaca tentang bisnis Anda ini?

Oleh sebab itu, sangat penting Anda menjalankan strategi pemasaran secara terus-menerus, agar bisnis Anda bisa bertahan hidup dari keuntungan yang diperoleh lewat pembelian dan bisa terus tumbuh seiring bertumbuhnya jumlah pelanggan Anda.

6. Pemasaran Yang Baik Mampu Menjaga Pelanggan Anda

Pemasaran yang baik, bukan hanya soal menjualkan sesuatu kepada pelanggan saja, tapi juga mampu melihat dengan jeli apa kebutuhan mereka dan memenuhinya sebisa mungkin lewat produk-produk yang Anda jual lewat bisnis Anda.

Komunikasi dua arah ini selayaknya dibangun sejak awal Anda menjalankan strategi pemasaran bisnis Anda. Dengan demikian, para pelanggan Anda akan senantiasa merasa puas untuk mengeluarkan uangnya membeli solusi dari bisnis Anda.

Jika Anda tidak melakukan ini, bisa saja suatu saat nanti pelanggan Anda tidak lagi melihat bisnis Anda relevan sebagai solusi mereka saat itu dan mereka pun mencari solusi dari pesaing-pesaing Anda.

Jangan sampai hal ini terjadi!

7. Pemasaran Membuat Bisnis Anda Bertransformasi Menjadi Lebih Baik

Melalui pemasaran yang baik, Anda akan mendapatkan banyak sudut pandang, masukan, dan kritik dari para pembeli dan calon pembeli potensial Anda terkait produk atau bisnis yang Anda jalankan.

Dengan berbagai masukan dan sudut pandang yang Anda dapatkan, Anda bisa membuat bisnis Anda semakin baik hari demi hari dan lebih baik dari pesaing Anda.

8. Program Pemasaran Membuat Bisnis Anda Menghasilkan Profit Lebih

Efek dari sebuah program pemasaran yang berkelanjutan adalah bertambahnya calon-calon pembeli potensial bagi bisnis Anda. Dan jika program pemasaran ini dijalankan dengan tepat, maka bisa meningkatkan volume transaksi yang terjadi.

Profit atau keuntungan adalah efek lanjutan dari peningkatan volume transaksi yang terjadi. Apalagi jika produk Anda bisa membuat pembeli Anda ketagihan, maka Anda akan mendapatkan potensi pembelian berulang dari para pelanggan Anda di masa depan.

9. Pemasaran Membuat Roda Bisnis Anda Terus Berputar

Keuntungan yang Anda peroleh dari transaksi yang dihasilkan sebagai efek dari strategi pemasaran yang Anda jalankan tentu sangat berguna untuk tetap membuat roda bisnis Anda berputar.

Bahkan, bisa saja, akumulasi keuntungan ini bisa Anda gunakan sebagai modal untuk membuat usaha Anda semakin besar.

10. Anda Bisa Kehilangan Uang, Waktu, dan Calon Pelanggan Jika Menjalankan Program Pemasaran Yang Tidak Kontinyu

Jika Anda berhenti di tengah program pemasaran, Anda akan kehilangan waktu dan uang yang selama ini telah Anda investasikan. Anda juga akan kehilangan awareness (kesadaran) calon konsumen Anda yang selama ini telah berhasil Anda pikat.

Pun jika suatu saat Anda kembali memulai program pemasaran ini kembali, Anda akan mulai lagi dari nol. Sangat disayangkan. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan berhenti memasarkan.

DEMIKIAN, 10 alasan mengapa Anda harus menjalankan strategi pemasaran yang berkelanjutan.

Tanpa menjalankan strategi pemasaran, artinya Anda hanya bergantung pada pelanggan Anda yang ada saat ini saja. Sangat sulit pastinya untuk menambah pelanggan bagi bisnis Anda. Efeknya bisnis Anda akan stagnan dan rentan dihabisi oleh pesaing Anda yang pasti mengincar pelanggan-pelanggan Anda.

Selamat berbisnis!

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *