5 Cara Mudah Meningkatkan Profit Bisnis Anda

profit

“When a goal matters enough to a person, that person will find a way to accomplish what at first seemed impossible.” – Nido Qubein

Jika upaya Anda untuk melakukan promosi sebagai bagian dari strategi pemasaran dan mendatangkan calon pelanggan sudah benar, tugas Anda selanjutnya adalah mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan dan membeli produk Anda.

Dengan melakukan aktivitas tersebut secara terus-menerus dan konsisten, tentu Anda akan merasakan bahwa omset usaha Anda akan mulai stabil (bagus di atas rata-rata target omset Anda).

Namun, ada saatnya ketika Anda merasa, “Pembeli rame tapi kok untungnya segini-segini aja ya?”. Hampir semua dari Anda yang memiliki bisnis pasti pernah merasakan hal ini. Betul? Hehehe…

Nah, di saat seperti ini, lakukan analisis kondisi bisnis Anda dan mulailah genjot profit. Tapi ingat, syaratnya adalah tadi, yaitu, bahwa aktivitas promosi, mendatangkan pelanggan, dan upaya mengubah pelanggan menjadi calon pelanggan sudah harus tepat!

Nah, analisis kondisi bisnis seperti apa yang mesti dilakukan untuk bisa menggenjot naik keuntungan bisnis Anda?

Cermati faktor-faktor berikut ini :

  1. Calon Pelanggan (CP) ~> orang yang datang ke tempat usaha Anda untuk sekadar bertanya mengenai produk/jasa yang Anda tawarkan baik secara langsung ataupun melalui telepon.
  2. Nilai Konversi (NK) ~> Persentase jumlah Calon Pelanggan yang berubah menjadi Pelanggan (membeli produk/jasa Anda).
  3. Rata-Rata Pembelian (RrP) ~> jumlah pembayaran rata-rata yang dilakukan oleh pelanggan Anda setiap kali pelanggan Anda.
  4. Transaksi Per Bulan (TpB) ~> Jumlah pembelian yang dilakukan oleh seorang pelanggan di tempat usaha Anda selama sebulan.
  5. Margin (M) ~> Selisih antara Harga Jual dan HPP (Harga Pokok Produksi) produk/jasa Anda.

Nah, RUMUS dari PROFIT bisnis dapat dijabarkan sebagai berikut :

Profit = CP x NK x RrP x TpB x M

Dari RUMUS tersebut, kenaikan salah satu faktor akan secara otomatis meningkatkan profit bisnis Anda. Coba Anda hitung sendiri jika ada kenaikan di beberapa atau keseluruhan faktor tersebut! Berapa kenaikan Profit yang akan Anda dapatkan? Masih belum paham?! ^^

Rekomendasi artikel :   Produk Yang Hebat Mampu Memasarkan Dirinya Sendiri

Intinya sih begini, jika Anda ingin menggenjot profit, Anda mesti mengupayakan satu atau beberapa atau bahkan keseluruhan faktor tadi agar mengalami peningkatan. Paham?

Tips yang saya bagikan di artikel ini bisa Anda terapkan di berbagai jenis bisnis yang Anda jalani, baik itu bisnis modal kecil, bisnis sampingan, ataupun bisnis rumahan. Karena prinsip dasarnya sama saja, tinggal Anda kembangkan dengan skala yang lebih besar lagi seiring membesarnya bisnis Anda.

Masih bingung bagaimana cara menaikkan faktor-faktor yang disebutkan tadi?

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *