Apa Yang Tidak Akan Berubah 10 Tahun Mendatang?

tidak berubah dalam 10 tahunDunia berubah cepat di era informasi dan pengetahuan yang diakselerasi oleh kecepatan transfer data yang semakin meningkat dan murah melalui jaringan internet. Perubahan ini meliputi segala aspek kehidupan manusia, termasuk juga model bisnis dan jenis bisnis yang bermunculan. Sehingga, mau tidak mau, akan selalu muncul pertanyaan apa yang akan berubah dan apa yang tidak akan berubah 10 tahun mendatang?

Banyak hal yang tidak ada 10 tahun yang lalu, yang pada saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Beberapa contohnya adalah keberadaan iPhone, jaringan 4G, Android, Uber, Gojek, Instagram, Bitcoin, Whatsapp, dan banyak hal lain yang terlalu banyak jika disebutkan satu per satu.

Selain kemunculan berbagai produk dan aplikasi, bermunculan pula banyak jenis pekerjaan yang 10 tahun lalu belum ada, contohnya : developer (pembuat) aplikasi, pengemudi kendaraan umum berbasis online (uber atau gojek), admin akun media sosial, dan lain-lain.

Pertanyaannya, apakah perubahan ini akan berhenti sampai di sini? Tentu TIDAK, dalam 10 tahun mendatang, peradaban manusia masih akan diwarnai dengan kemunculan berbagai macam hal yang cukup menarik untuk dinantikan bagi kebaikan umat manusia tentunya.

Beberapa hal yang mungkin akan muncul menjadi hal yang biasa dalam kehidupan keseharian kita nantinya adalah produk-produk yang terkait dengan internet (IoT / Internet of Things), sistem komputasi berbasis kecerdasan buatan (AI / Artificial Intelligence), robot, printer 3D, mobil yang otonom (tanpa pengemudi), dan masih banyak hal lainnya lagi.

Perubahan yang cepat dan sangat signifikan dalam merubah cara hidup manusia ini tentu menjadi perhatian khusus bagi para pebisnis. Bagaimanapun juga, cara hidup yang berubah tentu menghasilkan kebutuhan yang berubah pula. Agar menjadi pebisnis yang berhasil, Anda tentu harus peka akan perubahan pola hidup dan kebutuhan para pelanggan atau calon pelanggan Anda.

Hal ini kemudian akan memunculkan pertanyaan, seperti yang dikatakan oleh Jeff Bezos (pendiri Amazon), sebagai berikut :

Saya sering mendapatkan pertanyaan, apa yang AKAN BERUBAH dalam 10 tahun mendatang? Dan saya hampir tidak pernah mendapatkan pertanyaan, apa yang TIDAK AKAN BERUBAH dalam 10 tahun mendatang?

Menurut saya, pertanyaan kedua adalah pertanyaan paling penting untuk ditanyakan, karena Anda bisa membangun strategi bisnis yang baik berdasarkan hal-hal yang stabil dalam rentang waktu yang lama.

Jeff Bezos juga mengatakan bahwa banyak hal-hal yang konsumen tidak ingin berubah banyak di tahun-tahun mendatang, misalnya : harga yang murah. Tidak akan pernah ada konsumen yang menginginkan agar harga produk yang Anda jual supaya lebih mahal harga jualnya. Tidak sekarang, tidak juga 10 tahun mendatang.

Contoh lain misalnya, pengiriman yang cepat. Sangat mustahil mengatakan bahwa akan ada tren terkait konsumen yang menginginkan agar pengiriman dilakukan dengan lebih lambat di 10 tahun mendatang.

Rekomendasi artikel :   Trik Jitu Mengatasi Masalah Karyawan Yang Keluar-Masuk Terlalu Sering

Hal-hal mendasar seperti ini adalah hal-hal yang tidak akan berubah sepanjang waktu. Dan yang pasti, banyak aspek bisnis yang terkait kualitas produk, pelayanan yang baik kepada konsumen, dan lain-lain yang bisa Anda pastikan tidak akan berubah dalam rentang waktu 10 tahun mendatang.

Anda harus mau mengidentifikasi hal-hal spesifik yang merupakan keunggulan bisnis Anda ini agar bisa Anda pertahankan di tengah aneka perubahan cara Anda berbisnis di masa mendatang.

Ya, benar, cara berbisnis Anda bisa saja berubah, tapi hal-hal spesifik tadi tidak akan berubah.

Jika Anda bisa mengidentifikasi hal-hal istimewa ini, Anda bisa memfokuskan energi Anda untuk membuat ha-hal ini menjadi semakin baik lagi dan yakinlah di masa mendatang, energi yang Anda curahkan untuk membuat hal-hal ini semakin baik, akan terbayar dengan sendirinya.

Selain itu, jika Anda meyakini bahwa energi yang akan Anda curahkan akan membawa hasil yang baik dalam jangka waktu yang panjang, Anda akan dengan mudah dan rela mencurahkan sebanyak mungkin energi Anda kepada hal-hal ini.

Perubahan itu pasti terjadi, entah itu disebabkan oleh faktor luar ataupun faktor internal dari bisnis Anda. Bagaimana Anda memandang perubahan itu, akan menentukan langkah Anda membawa bisnis Anda ke arah yang lebih baik atau malah justru sebaliknya.

Di artikel berjudul Sadari Perubahan Sedari Dini Jika Anda Tidak Mau Kandas Tergilas ini, saya pernah menuliskan secara gamblang, bagaimana sebuah bisnis bisa gagal karena tidak peka akan perubahan yang terjadi di sekitarnya. Silakan Anda jadikan pelajaran.

Dunia akan terus berubah, cara-cara berbisnis pun akan turut berubah. Bisnis Anda pun mau tidak mau akan turut serta dalam perubahan ini. Namun, ada hal-hal penting yang akan senantiasa relevan setiap waktu yang tidak perlu Anda ubah, tapi tinggal Anda perbaiki saja terus-menerus.

Jadi, siapkan diri Anda untuk mengidentifikasi hal-hal yang tidak akan berubah dalam bisnis Anda, fokuskan energi Anda untuk membuatnya menjadi lebih baik, sehingga Anda tidak akan tergilas oleh perubahan yang sangat cepat ini.

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *