Kunci Sukses Bisnis Adalah Karyawan Yang Bahagia

karyawan yang bahagia

Kunci Sukses Bisnis Adalah Karyawan Yang Bahagia

Hampir semua pebisnis setuju bahwa kesuksesan sebuah bisnis adalah karena banyaknya konsumen yang bahagia, yang mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan lagi dan lagi.

Menurut Jason Whitman, kunci untuk mendapatkan pembeli yang senang dan mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan terus-menerus adalah dengan berfokus pada membuat karyawan bahagia terlebih dahulu.

Sederhana, karyawan yang lebih bahagia menciptakan konsumen yang bahagia.

Mengapa demikian?

Pengaruh keterlibatan karyawan dalam peningkatan hubungan baik dengan konsumen sangat besar dampaknya, yakni mampu menaikkan prosentasi penjualan hingga 20%. Demikian hasil studi yang dilakukan oleh Gallup.

Hal ini bisa dilihat sangat jelas dalam bisnis rumah makan yang memang sangat dipengaruhi oleh keterlibatan para karyawannya dalam membangun hubungan baik terhadap para pelanggannya.

Bisnis yang unggul dalam menyediakan kesan layanan yang baik bagi para pelanggannya adalah bisnis-bisnis yang memang memiliki tingkat keterlibatan karyawan dalam menciptakan pengalaman yang berkesan bagi para konsumennya.

Mengapa Karyawan Yang Bahagia Bisa Sangat Mempengaruhi Bisnis Anda?

Karyawan Yang Bahagia Ternyata Lebih Produktif

Karyawan yang bahagia sangat minim dalam hal ketidakhadiran di tempat kerja, tidak mudah jenuh, dan sangat jauh dari tingkat stress yang tinggi.

Karyawan yang bahagia tidak terlalu banyak terbeban dengan masalah diri mereka sendiri dan lebih banyak berfokus pada pekerjaan dan tantangan-tantangan baru.

Karyawan Yang Bahagia Adalah Pemimpin Yang Baik

Dengan menjadi semakin bahagia, karyawan-karyawan Anda akan menjadi lebih tangguh, lebih mudah bangkit dari kegagalan, dan lebih minim resiko dalam membawa tim atau teman-temannya dalam suatu hal yang negatif.

Karyawan Yang Bahagia Ternyata Lebih Kreatif

Karyawan yang bahagia cenderung tidak terlalu kuatir tentang tugas-tugas harian dan cenderung lebih banyak memiliki banyak pemikiran/impian tentang kemungkinan-kemungkinan baru yang dapat terjadi di perusahaan.

Karyawan Yang Bahagia Adalah Anggota Tim Yang Baik

Karyawan yang bahagia cenderung lebih mudah memberikan pertolongan kepada rekannya dan mampu mengatasi segala bentuk tantangan yang mereka hadapi dalam pekerjaan.

Tips Membuat Karyawan Bahagia

Ada 7 tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat karyawan bahagia di bisnis kecil yang Anda jalankan.

Tips #1 : Beri Penghargaan Atas Pencapaian Karyawan

Kenali jika ada karyawan Anda yang mengalami kemajuan dalam pekerjaannya. Berikan penghargaan atau sekadar ucapan “Selamat dan Terima Kasih” kepada mereka yang telah mencapai hasil tertentu.

Pastikan karyawan-karyawan Anda merasa bahwa kontribusi mereka selama ini mendapatkan penghargaan.

Tips #2 : Pastikan Karyawan Anda Memiliki Rasa Saling Memiliki Seperti Keluarga

Pastikan karyawan-karyawan Anda berada di lingkungan pekerjaan yang membuat mereka menjadi berarti. Agar menjadi bahagia di tempat kerja, sangat penting untuk memiliki perasaan bahwa setiap orang memiliki teman dekat bahkan sosok keluarga dalam pekerjaannya.

Hal ini akan sangat sulit diwujudkan ketika bisnis Anda sedang dalam aktivitas yang sangat sibuk.

Namun, sangat penting membangun perasaan bahwa setiap orang yang menjadi karyawan Anda mengenal satu sama lain sebagai tim yang saling bekerja sama menghasilkan sesuatu yang positif.

Tips #3 : Kenali Karyawan Anda Secara Lebih Personal

Milikilah ketertarikan untuk lebih mengenal karyawan-karyawan Anda secara lebih dekat dan personal.

Studi menunjukkan bahwa banyak karyawan yang lebih mau terlibat proaktif dalam kemajuan perusahaan jika memiliki atasan yang peduli kepada mereka secara pribadi dan mampu membantu mereka menyediakan jalan untuk menjadi lebih sukses.

Rekomendasi artikel :   Bagaimana Menghadapi Pelanggan Dengan Tipe Kepribadian (Perilaku) Berbeda

Tips #4 : Buatlah Lingkungan Kerja Yang Menyenangkan

Sebisa mungkin, ciptakanlah lingkungan kerja yang cenderung santai, yang mana para karyawan Anda mampu saling bersenda gurau tapi tetap fokus dalam koridor pekerjaan.

Dengan budaya demikian, manakala terjadi kesalahan yang mengakibatkan kegagalan, mereka akan mampu mengambil pelajaran dengan rasa humor yang pas dan tidak melulu berfokus pada kegagalan itu sendiri.

Hal ini akan menumbuhkan momen-momen yang memperkuat ikatan kekeluargaan antarkaryawan sebagaimana disebutkan di Tips #2 tadi.

Tips #5 : Berikan Waktu Libur Yang Cukup

Berikan waktu libur atau cuti yang cukup kepada karyawan-karyawan Anda.

Jangan sampai mereka merasa senantiasa diperas tenaganya tanpa pernah ada libur sedikitpun. Kondisi yang demikian akan membuat mereka menjadi stress dan depresi.

Bahkan akan lebih baik jika Anda mendorong mereka merencanakan cuti atau hari libur agar karyawan-karyawan ini bisa melepaskan diri sejenak dari kesibukan pekerjaan dan berfokus pada keluarga mereka dan urusan pribadi mereka sejenak.

Tips #6 : Dorong Karyawan Anda Untuk Berolahraga dan Beristirahat Cukup

Olahraga dan tidur serta istirahat yang cukup akan mendorong fokus, perhatian, kreativitas, energi, serta emosi karyawan Anda di level terbaiknya.

Dalam jangka panjang, proses lembur semalaman yang berkepanjangan, sangat tidak produktif bagi karyawan Anda.

Di artikel berjudul Merawat Diri Sendiri Adalah Kunci Jika Ingin Bisnis Berkembang ini dijelaskan korelasi bahwa jam kerja yang terlalu lama dengan malah menurunkan produktivitas kerja.

Tips #7 : Jangan Terlalu “Perhitungan”

Berhentilah berhitung terhadap segala sesuatu. Berbuatlah hal baik kepada karyawan Anda tanpa terlalu memperhitungkan untung ruginya bagi perusahaan.

Sebagai manusia, merekapun akan melihat apa yang Anda lakukan untuk mereka dan merekapun akan berbuat sebaliknya bagi Anda.

Demikian, 7 tips membuat karyawan bahagia bagi Anda pemilik bisnis kecil.

Jika karyawan diperlakukan dengan baik dan merasa bahagia, mereka akan memperlakukan konsumen Anda dengan baik.

Jika konsumen Anda merasa bahagia dengan produk dan layanan yang bisnis Anda berikan lewat karyawan-karyawan Anda tadi, mereka akan dengan senang hati membeli terus dari bisnis Anda dan bahkan memberi tahu banyak orang mengenai bisnis Anda.

Semakin banyak orang yang senang dan bahagia membeli produk dan jasa yang Anda jual, maka bisnis Anda pun akan semakin sukses.

Fokuslah dalam membahagiakan karyawan Anda sehingga mereka bisa memperlakukan konsumen sebagaimana mereka diperlakukan oleh Anda.

Apa yang terjadi di dalam bisnis Anda itulah yang akan terpancar dan dilihat dan dirasakan oleh konsumen Anda.

download ebook videobook gratis

One comment on “Kunci Sukses Bisnis Adalah Karyawan Yang Bahagia
  1. Pingback: Merekrut Karyawan Yang Bagus dan Tepat - Celoteh Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *