Berdiri di Atas Bahu Para Raksasa

berdiri di atas bahu raksasaDalam bidang keilmuan, para ilmuwan besar sering mengutip kata-kata yang pernah diucapkan oleh Isaac Newton pada tahun 1676 yang berbunyi, “If I have seen further, it is by standing on the shoulders of giants”. Kalau diartikan kira-kira begini maksudnya : “Jika saya bisa memandang lebih jauh, itu adalah lantaran saya berdiri di atas bahu para raksasa“.

Para ilmuwan dan peneliti banyak menggunakan prinsip ini dalam riset-riset dan pengembangan teknologi. Mereka melakukan riset dan pengembangan dengan berpijak pada hasil riset dan penemuan ilmuwan-ilmuwan terdahulu. Hasilnya ya tentu adalah keilmuan dan teknologi yang kita nikmati sekarang ini.

Dalam dunia bisnis, prinsip ini bukan hanya bisa digunakan, tapi harus digunakan menurut saya.

Mengapa demikian?

Guru bisnis saya pernah berkata,

“Untuk memulai bisnis, butuh keberanian. Tapi, untuk membesarkannya, butuh keilmuan”

Ya, keilmuan inilah yang mesti kita manfaatkan. Keilmuan yang bisa kita peroleh dari guru-guru bisnis dan praktisi-praktisi bisnis yang sudah berhasil. Ongkos dari sebuah kegagalan itu lebih mahal dari ongkos pembelajaran.

Jadi, lebih baik bersusah-susah menimba ilmu daripada melakukan kesalahan-kesalahan konyol yang mestinya bisa dihindari sejak awal.

Prinsip “berdiri di atas bahu para raksasa” ini juga menunjukkan bahwa dengan berpijak pada “sesuatu yang besar”, Anda bisa memiliki wawasan dan kemampuan memahami bisnis Anda lebih jauh.

Selain wawasan dan pengetahuan, para raksasa yang Anda pijak bahunya ini juga dapat memberikan akselerasi atau percepatan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu perkembangan bisnis Anda.

Ada beberapa “raksasa” yang menurut saya bisa Anda “pijak” untuk Anda manfaatkan.

1. Raksasa Dunia Online

Yang termasuk raksasa dalam dunia online misalnya : Google, Facebook, Instagram, Gojek, dan lain-lain.

Saya yakin semua pembaca artikel ini setuju bahwa di era serba digital ini peranan dunia online dan sosial media sangat membantu bisnis kita untuk dikenal dunia.

Oleh sebab itu, jika saat ini bisnis Anda belum online, segeralah meng-online-kan bisnis Anda. Setidaknya, milikilah akun sosial media agar para pelanggan Anda bisa mudah berinteraksi dengan bisnis Anda.

2. Raksasa Keilmuan Bisnis

Belajarlah dari para guru bisnis dan praktisi bisnis yang sudah berhasil. Dengan pengetahuan dan pengalaman nyata yang mereka miliki, tentu bisa Anda ambil banyak manfaatnya. Setidaknya jika Anda mau tulus belajar dari mereka, Anda bisa menghindarkan diri dari melakukan kesalahan-kesalahan mendasar dalam bisnis Anda.

Jika pengalaman dan ilmu mereka bisa Anda manfaatkan dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan melesat lebih cepat.

3. Para Selebritis

Bagi Anda yang berkecimpung di bisnis online, tentu tidak asing dengan istilah “endorse”. Endorse bisa diartikan cara membuat orang lain menyatakan dukungan dan pengakuan akan kualitas produk yang sudah mereka coba gunakan.

Nah, para pelaku bisnis jualan online biasanya menggunakan ketenaran para selebritis ini untuk memberikan opini yang positif bagi produk yang mereka jual dengan cara meminta bantuan para selebritis ini melakukan “endorse” bagi produk tersebut.

Ini adalah langkah yang sangat tepat, mengingat para selebritis ini biasanya memiliki fans dan follower di media sosial dengan jumlah yang sangat banyak.

Rekomendasi artikel :   7 Tips Praktis Agar Bisnis Kecil UKM Bisa Memenangkan Persaingan Bisnis di Tengah Himpitan Brand-Brand Besar di Era Digital

Jadi, jika Anda yang hendak berusaha membuat produk Anda terkenal dengan cepat, silakan melakukan endorse kepada para selebritis yang bisa Anda mintai tolong.

4. Raksasa Pengiriman

Nama GoJek, JNE, Tiki, dan POS, serta sederet jasa kurir online lain tentu tidak asing lagi bagi Anda. Nama-nama ini adalah jasa ekspedisi dalam kota maupun antar kota yang bisa memberikan daya ungkit distribusi barang bagi produk Anda.

Bayangkan jika Anda tidak memanfaatkan jasa mereka. Apakah setiap pesanan barang dari konsumen akan Anda kirim sendiri satu per satu?

Kalaupun iya, pasti akan sangat melelahkan dan menghabiskan waktu Anda.

Saya ambil contoh mudah begini, bukan bermaksud promosi, tapi sadar atau tidak, jika semisal Anda berbisnis makanan dan mendaftarkan produk Anda di aplikasi GoFood/GoJek, posisi Anda sudah setara dengan produk makanan lain sekelas McD, KFC, Pizza Hut, dan lain sebagainya yang juga memanfaatkan jasa pengiriman berdasarkan pemesanan online.

Ya, jasa pengiriman berbasis online ini memang membuka kesempatan bisnis-bisnis kecil untuk bersaing setara dengan bisnis besar. Tinggal pintar-pintar Anda memanfaatkan jasa mereka.

5. Raksasa Penyandang Dana

Nah, kalau bisnis Anda sudah mulai kewalahan menghadapi orderan pelanggan dan Anda sudah memikirkan untuk melakukan pengembangan sumber daya ataupun ekspansi bisnis, ada baiknya Anda menyiapkan modal dana yang cukup.

Namun, terkadang, meskipun bisnis kita sedang bagus-bagusnya berkembang, belum tentu cadangan dana kas kita sebaik kondisi bisnis kita. Bisa jadi cadangan dana kas kita terpakai untuk stok barang atau masih dalam bentuk piutang dari pelanggan.

Jika seperti ini kondisi yang Anda alami, mungkin saatnya Anda mempertimbangan kekuatan para raksasa investor atau penyandang dana. Mereka bisa jadi adalah keluarga besar Anda yang memiliki dana menganggur dan bisa Anda pinjam untuk ekspansi bisnis Anda, atau rekan pemodal yang memiliki uang dalam jumlah besar dan bisa Anda pinjam, atau lembaga keuangan yang memberikan pinjaman kredit modal bagi usaha.

Siapapun mereka, para raksasa penyandang dana ini pasti bisa memberikan percepatan bagi pengembangan bisnis yang hendak Anda lakukan.

Oya, khusus untuk pinjaman modal, Anda harus jauh hati-hati ketika memutuskan melakukan pinjaman modal dalam jumlah besar. Pastikan pinjaman ini Anda lakukan untuk pengembangan bisnis yang sudah berjalan dengan sistem yang baik. Sehingga kemungkinan kegagalan yang terjadi bisa diperkecil.

Hindari peminjaman modal dalam jumlah besar ketika mengawali memulai bisnis. Karena resiko kegagalannya lebih besar ketimbang jika Anda mengembangkan bisnis yang sudah berjalan dengan sistem yang baik sebelumnya.

Mulai dari kecil dan kembangkan sedikit demi sedikit.

Dan, masih banyak “raksasa-raksasa” lain yang bisa Anda pijak bagi akselerasi bisnis Anda. Tinggal Anda cari dan temukan.

Jadi, kapan Anda mau mulai berdiri di atas bahu para raksasa itu? ^^

download ebook videobook gratis

One comment on “Berdiri di Atas Bahu Para Raksasa
  1. Pingback: 7 Tips Praktis Agar Bisnis Kecil UKM Bisa Memenangkan Persaingan Bisnis di Tengah Himpitan Brand-Brand Besar di Era Digital - Celoteh Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *