Kunci Bisnis Sukses : 3 Faktor Utama

kunci bisnis suksesKunci bisnis sukses itu selalu terletak pada pemiliknya. Guru bisnis saya pernah mengatakan, “Anda adalah pondasi dari bisnis Anda”. Ya betul, seperti sebuah bangunan, bisnis yang Anda bangun, haruslah diawali dari pondasi yang kuat. Jika Anda sedang membangun rumah, maka pondasinya adalah batu. Namun, jika Anda sedang membangun bisnis, pondasinya adalah diri Anda sendiri.

Sebagai pondasi, apapun kondisi bisnis yang sedang Anda jalankan, Anda harus menjadi sosok yang kokoh dan tetap kuat menopang bisnis yang Anda jalani.

Lalu, pertanyaannya, bagaimana caranya agar diri Anda sebagai pondasi bisa kokoh menopang bisnis tersebut?

Ada 3 Faktor Kunci Bisnis Sukses yang diawali dari pondasi yang kokoh. Faktor tersebut adalah : Skill, Credibility, dan Network.

SKILL (Keterampilan)

Skill (Keterampilan) berbeda dengan Knowledge (Pengetahuan). Keterampilan adalah pengetahuan yang disertai dengan kemampuan praktik. Menguasai pengetahuan secara luas itu baik, tapi tanpa dibarengi dengan kemampuan mempraktikannya dalam  kehidupan nyata, sama saja dengan omong kosong.

Sebagai pemimpin sekaligus pondasi bagi bisnis yang Anda jalankan, menguasai berbagai keterampilan yang diperlukan untuk operasional bisnis, tentu sangat baik. Tidak perlu jago atau ahli sekali dalam semua aspek bisnis, tapi setidaknya jika karyawan Anda meninggalkan Anda, bisnis yang Anda jalankan tidak akan berhenti karena Anda masih bisa menjalankannya.

Beberapa contoh keterampilan yang mesti dikuasai oleh Anda yakni : pembukuan bisnis, produksi, manajerial, sales & marketing, dll. Semakin banyak keterampilan yang Anda miliki, tentu semakin baik pula pondasi yang Anda bangun untuk bisnis Anda.

CREDIBILITY (Kredibilitas)

Kredibilitas adalah tingkat kepercayaan yang orang lain terhadap diri Anda. Kredibilitas bukanlah sesuatu yang instan, yang bisa Anda peroleh dalam semalam. Membangun kepercayaan orang kepada Anda adalah proses yang harus terus-menerus Anda lakukan dalam segala hal.

Orang lain melihat kita tidak melulu dalam lingkup dunia bisnis atau pekerjaan semata. Namun, lebih luas dari itu, dari segi keluarga, sosial bermasyarakat, hubungan pertemanan, dan banyak aspek lain. Oleh sebab itu, bertindaklah agar orang-orang percaya kepada kita dalam segala aspek kehidupan kita.

Tonjolkan integritas diri, kejujuran, dan pemenuhan janji dalam setiap perilaku Anda. Niscaya kredibiltas Anda di mata orang lain akan baik.

NETWORK (Jaringan)

Guru bisnis saya berkata, “Kecepatan pertumbuhan bisnismu, sebanding dengan luasnya jaringan pertemanan yang kamu miliki”. Ya, betul, semakin luas jaringan pertemanan yang Anda miliki, semakin mudah Anda menemukan solusi dari setiap permasalahan bisnis yang Anda miliki.

Seringkali, masalah bisnis yang berat bisa diselesaikan dengan mudah jika kita mau mencoba bertanya atau meminta saran bantuan kepada teman-teman yang kita miliki.

Rekomendasi artikel :   Apa Yang Tidak Akan Berubah 10 Tahun Mendatang?

Demikianlah 3 Faktor Kunci Bisnis Sukses yang perlu Anda ketahui dan miliki. Semoga menginspirasi Anda dalam menjalankan bisnis.

Salam sukses bagi Anda!

 

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *