4 Langkah Mudah Menjadi Penjual Yang WOW!

 

wow

 

Sebelum masuk ke tahapan 4 Langkah Mudah Menjadi Penjual Yang WOW!, saya ajak Anda memahami perbedaan perilaku konsumen masa kini dengan konsumen pada masa lalu.

Dulu, cara konsumen melakukan pembelian suatu produk lebih sederhana dibandingkan masa kini. Di era internet dan sosial media sekarang ini, konsumen memiliki perilaku yang berbeda dibandingkan dulu.

Era internet dan sosial media adalah era di mana konsumen saling terhubung satu sama lain. Mereka saling berbagi pengetahuan, cerita, keluh kesah, bahkan kejengkelan mereka. Dan seringkali cerita-cerita yang begini menjadi viral di sosial media.

Demikian halnya juga tentang sebuah produk atau layanan suatu perusahaan. Cerita mengenai produk atau perusahaan ini tidak mungkin bisa terbebas dari kicauan para penggunanya di media sosial.

Keputusan konsumen untuk membeli, di masa kini, sangat dipengaruhi oleh “cerita” atau pengaruh opini orang lain (bisa sahabat, keluarga, rekan kerja, atau bahkan orang yang tidak dikenal) yang memberikan pandangan tentang produk atau layanan yang hendak mereka beli.

Nah, kalau keputusan pembelian ini sangat dipengaruhi oleh opini orang-orang terdekat si konsumen, tentu Anda sebagai seorang sales, marketer, atau pemilik bisnis pasti ingin agar diri Anda atau produk/jasa yang Anda tawarkan dibicarakan secara positif oleh banyak orang. Harapannya adalah dengan opini yang positif tadi, produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa lebih mudah dan lebih banyak terjual.

Akan tetapi, opini saja tidak cukup untuk memenangkan hati konsumen di tengah persaingan ketat dunia penjualan saat ini. Lalu bagaimana agar Anda sebagai seorang sales atau pemilik usaha, bisa senantiasa memenangkan hati konsumen Anda?

Kuncinya adalah Menjadi WOW!

WOW! ?? Apa itu?

WOW! adalah hal positif yang mengejutkan dan di luar dugaan. Intinya adalah sesuatu yang membuat Anda terkesan, dan sekali Anda mengalaminya, Anda gatal sekali kalau tidak menceritakannya kepada orang lain.

Lalu apa hubungannya antara memenangkan hati konsumen dan menjadi WoW! ?

Di awal, artikel ini, diberikan gambaran singkat bahwa di era sosial media dan internet saat ini, opini orang-orang sangat memengaruhi keputusan seorang konsumen untuk membeli sebuah produk/jasa.

Nah, jika Anda adalah seorang salesperson, penjual, atau seorang pemilik bisnis yang memiliki sikap, produk, layanan, dan karakter yang WOW!, tentu opini yang beredar di kalangan orang-orang yang pernah membeli dari Anda, pastilah sangat positif.

Orang-orang tersebut pasti akan sangat merekomendasikan untuk membeli produk/jasa tersebut dari Anda atau dari perusahaan yang Anda miliki. Mereka akan dengan sukarela merekomendasikan Anda atau usaha Anda ke orang-orang terdekat mereka. Jika sudah begini, tentu Anda akan sangat mudah menjual produk/jasa yang Anda tawarkan.

Lalu, bagaimana untuk menjadi seorang sales yang WOW! ??

Rekomendasi artikel :   Harga Jual Produk Anda Kemahalan?

Dalam buku berjudul “WOW Selling, Salespeople Are The Real Marketeers”, Hermawan Kertajaya dan Ardhi Ridwansyah menjabarkan 4 langkah untuk menjadi seorang salespeople yang WOW!.

Ini dia 4 Langkah Mudah Menjadi Penjual yang WOW! dirangkum dalam satu kata yakni “STAR” :

1. Satukan Kata dengan Perbuatan

Kata harus sama dengan perbuatan. Apa yang dijanjikan tidak boleh kurang dari apa yang diberikan. Fakta tentang produk atau layanan pun tidak ada yang dilebih-lebihkan. Faktanya satu ya katakan satu, dua ya dua. Jujur apa adanya.

WOW! Tips :
– Biasakan bersikap jujur.
– Penuhilah semua janji baik janji kecil maupun besar.
– Utamakan kepentingan pelanggan, meski kadang harus “mengorbankan” kepentingan pribadi

2. Tambahkan Kejutan Bagi Pelanggan

Kejutan terjadi ketika Anda bisa memberikan sesuatu yang melebihi harapan konsumen. Mereka ngarep-nya 2, eh, dikasih 3. Kaget campur senang jadinya. Perlu ada upaya dan kreativitas lebih agar sebuah tambahan kecil bisa membuat konsumen jatuh cinta.

WOW! Tips :
– Berikan kejutan dengan cara yang tepat di momen yang tepat pula.
– Tunjukkan komitmen ekstra, berikan sesuatu yang melebihi ekspektasi konsumen Anda.
– Tambahkan unsur emosional dalam produk atau layanang yang Anda tawarkan.

3. Ajari Pelanggan untuk Bertumbuh

Jika konsumen tumbuh, maka Anda pun akan tumbuh. Anda jadi bisa jualan lebih banyak.

WOW! Tips :
– Jadilah konsultan bagi konsumen Anda. Berikan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.
– Pahami hasrat dan kegelisahan terdalam pelanggan Anda.
– Buat pelanggan menjadi lebih baik dalam hal finansial, fisik, intelektual, maupun emosional.

4. Rawat Pertemanan Untuk Jualan

Jika Anda hanya memiliki hubungan sebatas hubungan jualan dengan konsumen Anda, tentu Anda hanya memikiki akses ke konsumen Anda tersebut saja. Tapi, jika Anda bisa menjadi teman bahkan sahabat konsumen Anda, tentu Anda bisa memiliki akses tak terbatas ke teman, saudara, kerabat, tetangga, ataupun kenalan dari konsumen Anda tersebut.

WOW! Tips :
– “Sapa” konsumen lama meskipun mereka tidak sedang bertransaksi dengan Anda.
– Ingat hal-hal personal tentang konsumen. Hal kecil kadang bermakna besar bagi mereka.
– Libatkan diri dengan hal-hal spesifik yang disukai konsumen.
Itulah secara singkat 4 Langkah Mudah Menjadi Penjual Yang WOW!. Mudah bukan?

So, bagaimana? Siap menjadi seorang penjual yang WOW! ??

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *