Tidak Ada Bisnis Yang Tidak Bermasalah

masalah bisnis

Hah? Yang benar saja, tidak ada bisnis yang tidak bermasalah?

Ya, semua bisnis yang ada pasti bermasalah. Tidak ada bisnis yang tidak luput dari masalah. Walaupun tiap bisnis tentu memiliki masalah yang berbeda tergantung dari kematangan bisnis tersebut.

Jika hendak dirangkumkan dengan singkat, masalah seputaran bisnis hanya ada 2 hal yang selalu berulang. Pertama, adalah masalah uang masuk dan uang keluar, atau diistilahkan cashflow (aliran kas). Dan yang kedua adalah masalah manusia.

Masalah lain di luar masalah itu adalah masalah teknis yang memberi warna bagi bisnis Anda.

Masalah pertama, permasalahan uang keluar masuk adalah permasalahan sangat penting dalam sebuah bisnis. Aliran uang kas adalah darah dari bisnis Anda. Tanpa cashflow yang sehat, bisnis Anda bisa dipastikan akan mati. Bangkrut.

Tidak pernah ada bisnis yang bangkrut semata-mata karena merugi. Kecuali rugi yang berkepanjangan yang berakibat pada ketiadaan yang kas.

Seringkali bisnis bangkrut karena tidak memiliki kemampuan untuk membayar tagihan-tagihan dari pemasok karena ketiadaan uang kas yang memadai sehingga perputaran roda bisnis terhenti.

Tujuan Anda membangun bisnis tentu adalah membangun sebuah usaha yang menguntungkan dengan cara memiliki pelanggan-pelanggan loyal yang akan senantiasa membeli produk yang Anda jual.

Namun, ketidakmampuan mengelola uang kas, bisa mengakibatkan roda bisnis Anda berhenti bergerak meskipun di atas kertas, bisnis Anda memiliki keuntungan.

Kok bisa? Penjelasan lebih detil pernah saya ulas di artikel saya ini : Pahami Jenis Cashflow Bisnis Anda Supaya Tidak Bangkrut yang menjelaskan mengenai pengaruh pentingnya aliran uang kas (cashflow) di bisnis Anda terhadap kemampuan Anda menyediakan uang kas untuk operasional bisnis Anda dan 7 Disiplin Pengelolaan Keuangan Bagi Bisnis / Pengusaha Pemula yang menggambarkan betapa pentingnya kedisiplinan dalam pengelolaan keuangan supaya bisnis Anda tidak berujung kebangkrutan.

Masalah uang ini terkait dengan induk masalah dari bisnis, yakni masalah penjualan. Seorang guru bisnis pernah berkata, “Masalah penjualan adalah ibu dari masalah-masalah yang ada dalam sebuah bisnis.”

Tanpa adanya penjualan, bagaimana Anda akan menghasilkan perputaran uang?
Tanpa adanya penjualan, bagaimana Anda akan memperoleh profit?

Rekomendasi artikel :   Memulai Bisnis Modal Kecil - True Story

Jika masalah penjualan ini bisa Anda atasi, masalah-masalah lain akan cenderung lebih mudah Anda selesaikan.

Kalau profit Anda besar, Anda bisa dengan mudah membayar orang lain untuk membereskan segala masalah yang Anda tidak bisa bereskan.

Oleh sebab itu, bagi bisnis yang baru mulai, fokus saja dulu pada masalah penjualan. Bangun kanal-kanal penjualan yang banyak. Buat program marketing yang baik. Fokus berjualan dan mengelola uang yang masuk.

Masalah kedua, yakni masalah sumber daya manusia. Mengelola manusia memang tidak mudah. Manusia dalam bisnis Anda adalah sumber daya yang sangat menentukan kinerja bisnis Anda. Tanpa tim yang kuat, bisnis Anda akan sulit untuk berkembang di masa mendatang.

Memulai bisnis itu butuh keberanian. Tapi, membesarkannya butuh keilmuan.

Ya, sembari bisnis Anda bertumbuh. Anda juga harus bertumbuh dalam keahlian Anda. Pelajari segala ilmu yang Anda butuhkan untuk mengelola tim Anda dan kas Anda. Sehingga bisnis Anda bisa terus bertumbuh dari hari ke hari.

Setuju? ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *