Jangan Jual Produk Anda Terlalu Murah

harga-murah
Saat awal memulai merintis bisnis, salah satu tahap yang harus Anda lalui adalah menentukan harga jual produk Anda. Di tahap ini Anda pasti bingung. Nah, bagi Anda yang masih berada di tahap menentukan harga jual, saran saya adalah jangan jual produk Anda terlalu murah.

Lho mengapa?

Bukankah semua orang suka dengan harga murah?
Kalau bisa jual murah, kenapa harus jual mahal?
Jangan-jangan produk yang dijual malah tidak laku kalau dijual mahal?

Ya, pemikiran Anda seperti itu sangat lumrah.

Di awal Anda merintis usaha dan menawarkan produk, seringkali kita tidak percaya diri dengan kualitas barang yang kita jual. Seringkali pula kita takut bahwa orang-orang tidak menyukai produk kita. Takut memberi harga kemahahalan. Takut tidak laku.

Namun, jika Anda menjual produk Anda terlalu murah, Anda akan mengalami beberapa hal berikut ini :

  • Profit Anda akan tipis dan bahkan cenderung stagnan jika tidak ada peningkatan dari volume penjualan. Toh ujung-ujungnya harapan Anda adalah memiliki profit yang besar dari bisnis yang Anda rintis, bukan?
  • Anda tidak akan memiliki budget lebih untuk memberikan pelayanan atau peningkatan kualitas produk Anda. Seringkali kita cuek dengan kualitas pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan kita. Padahal, seringkali kualitas pelayanan menentukan loyalitas para pelanggan kita.
  • Margin profit yang terlalu rendah berimbas pada kurangnya budget untuk mempromosikan usaha Anda. Promosi ini penting dilakukan agar secara cepat bisa memperkenalkan produk Anda kepada sebanyak mungkin calon pelanggan sesuai target pasar Anda.

Jika Anda mau berhitung margin profit yang pas sehingga Anda memperhitungkan aspek pelayanan, promosi, dan lain-lain, Anda akan menemukan angka harga jual yang pas.

Rekomendasi artikel :   Bagaimana Cara Memakan Seekor Gajah?

Kalaupun angka ini masih Anda anggap terlalu mahal dibandingkan pesaing-pesaing Anda, coba lakukan beberapa pilihan tips berikut ini :

  1. Jual produk Anda dalam bentuk paketan dengan total harga yang lebih murah dibandingkan harga per satuannya.
  2. Jual produk Anda dalam bentuk permainan diskon
  3. Beri tambahan bonus-bonus yang nilainya besar di mata konsumen Anda
  4. Pastikan ada kenaikan kualitas dari produk yang Anda jual dan kualitas pelayanan dibandingkan pesaing-pesaing Anda.

Jadi, temukan angka harga jual yang pas. Sediakan margin yang pas agar Anda bisa memberikan kualitas pelayanan dan bonus-bonus yang WOW di mata konsumen Anda. Sisihkan profit yang Anda peroleh untuk melakukan promosi marketing yang baik sehingga bisa mendatangkan peningkatan omset.

Jangan lupa juga terus berinovasi untuk memperbaiki produk Anda tadi, atau bahkan mengeluarkan produk-produk lain untuk target pasar yang Anda sasar selama ini.

Selamat menjual! ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *