Uang THR Dipakai Untuk Apa?

uang thr dipakai untuk apa

Uang THR Dipakai Untuk Apa?

Usai musim libur Idul Fitri seperti sekarang ini memang sering menyisakan kenangan manis, penat, dan mungkin sedikit uang sisa THR. Bagi Anda yang masih memiliki sisa uang THR, punya rencana uang THR dipakai untuk apa?

Kalau sudah punya rencana yang baik, syukurlah. Kalau belum, saya ingin memberikan beberapa ide investasi bisnis yang layak untuk Anda coba terutama bagi Anda yang ingin sesegera mungkin memulai bisnis yang Anda idam-idamkan.

Bagi Anda yang cuman ingin sekadar mengamankan uang THR Anda agar tidak terpakai untuk hal-hal yang tidak berguna ataupun tergerus inflasi, silakan coba beberapa alternatif ide berikut ini.

Pertama, Berinvestasi Reksadana. Reksadana adalah bentuk investasi surat berharga yang relatif aman dan mudah dijangkau karena harga satuannya tidak terlalu mahal.

Kedua, Beli emas LM. Simpanan dalam bentuk emas adalah simpanan yang cukup aman untuk menjaga nilai uang Anda dari inflasi. Untuk jangka panjang, investasi dalam bentuk emas sangat cocok bagi Anda. Selain nilainya cenderung naik terus untuk jangka waktu lama, emas ini juga mudah diperjual-belikan, sehingga tidak perlu takut ketika Anda butuh dana cair sewaktu-waktu.

Ketiga, Bayar utang-utang yang Anda miliki, misal utang kartu kredit, cicilan KPR, kredit mobil, dan lainnya. Melunasi utang secepatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan kehidupan finansial Anda. Semakin cepat Anda terbebas dari utang, semakin Anda terhindar dari kemungkinan hidup dalam stress karena memikirkan beban utang terus-menerus.

Nah, sedangkan, bagi Anda yang memiliki impian memulai bisnis, uang THR sisa yang Anda miliki bisa digunakan :

A. Ikut Pelatihan Bisnis

Bisnis itu bukan untuk coba-coba. Di awal memulai bisnis, kadangkala modal uang, waktu, dan energi yang tidak sedikit. Sayang sekali jika itu semua harus gagal sia-sia hanya karena Anda kurang pengetahuan mengenai seluk beluk bisnis yang Anda jalankan.

Saat ini sudah banyak sekali pelatihan bisnis baik bisnis secara umum, ataupun bisnis yang lebih spesifik, misalnya bisnis properti, bisnis barang-barang impor dari Cina, dan lain-lain. Anda tinggal cari skill (keterampilan) apa yang belum Anda kuasai untuk melengkapi kemampuan Anda menjalankan bisnis di berbagai pelatihan yang banyak diselenggarakan oleh para business coach yang ada.

Nah, daripada sisa uang THR Anda habis tak jelas, lebih baik diinvestasikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang akan mendukung bisnis yang Anda mulai jalankan.

B. Membeli Ebook Bisnis Berkualitas

Anda supersibuk dan sulit sekali mencari waktu yang cocok untuk mengikuti pelatihan bisnis? Jangan kuatir, saat ini banyak pengetahuan dan keterampilan bisnis yang dibukukan dalam bentuk ebook (buku elektronik) dalam bentuk file digital yang bisa Anda baca dan pelajari lewat komputer, laptop, ataupun smartphone Anda kapanpun di manapun Anda mau.

Dengan belajar lewat ebook, tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak belajar.

C. Membuka Lapak Jualan Online di Marketplace

Kalau impian Anda berjualan suatu barang, Anda bisa mencoba membuka lapak online di marketplace seperti Tokopedia, atau Bukalapak sebagai etalase online produk yang Anda ingin jual.

Mengapa marketplace? Karena saat ini, sudah semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen untuk melakukan transaksi jual beli di marketplace. Selain karena tingkat keamanan dan kenyamanannya tinggi, produk-produk yang dijual juga murah dan banyak pilihan variasi dan modelnya.

Rekomendasi artikel :   Broken Windows Theory - Teori Jendela Pecah

Marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak juga memiliki tim marketing yang tangguh yang mampu mendatangkan banyak sekali traffic (pengungjung) ke websitenya, sehingga sangat besar kemungkinan lapak yang kita miliki dilirik oleh calon pembeli nantinya. Tinggal pintar-pintarnya Anda saja membuat supaya terjadi banyak pembelian di lapak online yang Anda miliki.

Jadi, jika Anda ingin memiliki lapak online, saya sarankan membuka lapak di marketplace lokal ini. Sisa uang THR yang Anda miliki, bisa Anda gunakan untuk membeli stok barang jika diperlukan, atau untuk membeli beberapa perlengkapan untuk berjualan seperti smartphone dan komputer/laptop.

D. Membeli Domain Internet Dan Memulai Blog Dengan Niche Favorit Anda

Kalau Anda masih bingung mau mulai usaha apa, tapi memiliki ketertarikan dan pengetahuan akan suatu bidang khusus, misal tentang bercocok tanam secara hidroponik dengan media air, Anda bisa mulai membuat blog khusus tentang hidroponik.

Anda bisa menuliskan pengalaman, pengetahuan, tips-tips berguna, dan hal lain yang relevan dengan bidang tersebut. Jika pengunjung blog Anda sudah banyak dan bahkan jika sudah mulai banyak interaksi dengan para pengunjung blog, Anda bisa mulai berjualan produk, nutrisi, bahkan menjual ebook tentang hidroponik ini.

Jadi, jika memang Anda masih memiliki sisa uang THR, silakan Anda mulai membeli nama domain dan hosting untuk blog yang hendak Anda tulis ini.

E. Sebagai Modal Untuk Memulai Usaha Bersama Teman-Teman Anda

Anda mungkin sudah lama mengidam-idamkan merealisasikan ide bisnis yang Anda dan kawan-kawan Anda miliki selama ini. Nah, jika ternyata ide tersebut selama ini tertahan realisasinya hanya karena tidak adanya modal, Anda bisa mulai menggunakan uang THR yang Anda dan kawan-kawan Anda miliki untuk dikumpulkan sebagai modal awal bisnis yang Anda impikan.

Bagaimanapun juga, semakin cepat dibuka sebuah bisnis, semakin cepat kita bisa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran darinya. Mengenai bisnis yang kita mulai ini menghasilkan keuntungan atau malah kerugian, itu soal lain lagi.

Seperti guru saya berkata, sebaik-baiknya bisnis adalah bisnis yang dibuka dan dijalankan, bukan yang dibicarakan saja terus-menerus tanpa realisasi.

Bagi Anda yang masih bingung mulai bisnis dari mana, bisa membaca artikel lawas di blog ini yang berjudul Memulai Bisnis : Jualan Dulu atau Produksi Dulu?

Dan jika Anda berencana memulai bisnis dengan modal pas-pasan, silakan baca artikel berjudul Memulai Bisnis Modal Kecil – True Story yang merupakan pengalaman riil penulis selama ini.

Demikian, beberapa tips bagi Anda yang bingung hendak menggunakan uang THR dipakai untuk apa. Semoga bisa menjadi bahan masukan yang baik bagi Anda.

Salam sukses senantiasa.

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *