Tanpa Inovasi Bisnis, Bisnis Anda Mati!

inovation

 

Bagi Anda yang saat ini sudah memiliki bisnis, terlepas dari besar kecilnya bisnis Anda, untuk tetap bisa bertahan di tengah persaingan saat ini kuncinya adalah dengan INOVASI bisnis Anda.

Jangan terlalu tinggi hati menganggap produk yang Anda miliki adalah yang terbaik yang tidak bisa ditiru orang lain. Ingat, manusia saat ini sudah bisa menjelajah angkasa luar, kalau cuman menjiplak produk yang Anda miliki tentunya tidak sesulit membuat pesawat antariksa toh?! ^^

Lalu, kalau orang lain bisa meniru produk/jasa yang kita jual, bagaimana caranya agar bisa memenangkan persaingan? Ya, itu tadi, jawabannya adalah INOVASI yang berkelanjutan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai inovasi yang berkelanjutan, saya ingin kembali mengingatkan bahwa BISNIS itu adalah MARKETING dan INOVASI, dan segala hal lain yang dilakukan adalah untuk menunjang kedua pilar utama bisnis tersebut. Paham?!

Baiklah, saya lanjutkan…

Cara untuk melakukan inovasi yang berkelanjutan dan bisa meninggalkan pesaing jauh di belakang adalah dengan cara MELIBATKAN SEMUA ANGGOTA TIM/KARYAWAN UNTUK FOKUS DI INOVASI DAN MARKETING. Ajak mereka mengeluarkan pendapat dan ide untuk menciptakan produk yang lebih dekat ke hati pembeli, lebih bermanfaat, bisa memerikan nilai tambah, meringankan kerumitan hidupnya, dan lain-lain. Ajak tim/karyawan Anda juga untuk menelurkan ide-ide mengenai cara-cara marketing kreatif yang bisa menjangkau lebih banyak orang lagi.

Inovasi berkelanjutan artinya juga inovasi tiada henti. Inovasi harus selalu dilakukan karena pasar senantiasa bergerak, kompetisi bergerak, dan keinginan konsumen juga senantiasa bergerak.

Inovasi yang menghasilkan produk yang disukai orang adalah inovasi yang lahir di pasar, bukan yang terjadi di dapur! Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, sering-seringlah mengamati keinginan pasar, seringlah bertanya dan meminta masukan dari para pelanggan. Manfaatkan juga media sosial seperti twitter dan facebook untuk memperoleh masukan terhadap produk/jasa dan bisnis Anda. Setelah Anda benar-benar yakin dengan keinginan dan permintaan mereka, di saat itulah Anda melakukan inovasi dalam bisnis Anda.

“We cannot become what we need to be by remaining what we are.” – Max Dupree

Sedikit panduan, berikut ini adalah 3 JURUS INOVASI yang bisa membuat bisnis Anda selalu satu langkah di depan pesaing Anda!

  1. Pastikan Anda yang PERTAMA KALI MENCIPTAKAN TREN!
  2. Pastikan PEMBEDA yang Anda tawarkan tidak bisa diikuti Pesaing dalam waktu dekat!
  3. Ikuti 5 Langkah Inovasi berikut : SUARA BARU, PERTANYAAN BARU, SUDUT PANDANG BARU, PASSION BARU, EKSPERIMEN BARU.
Rekomendasi artikel :   Apa Yang Tidak Akan Berubah 10 Tahun Mendatang?

Mau tau penjelasannya lebih lanjut? Tunggu postingan saya berikutnya! ^^

download ebook videobook gratis

One comment on “Tanpa Inovasi Bisnis, Bisnis Anda Mati!
  1. Pingback: 4 Faktor Kunci Menciptakan Loyalitas Pelanggan Melalui Branding di Era Disruptif - Celoteh Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *