Motivasi Anda Anjlok? Lakukan 5 Hal Ini Agar Motivasi Kerja Anda Meningkat

motivasi-bisnisRutinitas harian yang Anda lakukan sering berakibat pada munculnya kejenuhan serta anjloknya motivasi Anda dalam bekerja. Tanpa motivasi yang tinggi, segala pekerjaan yang mestinya Anda kerjakan pastilah akan sulit untuk diselesaikan. Hal ini adalah “penyakit” umum bagi kebanyakan orang. Bukan “penyakit” menular, tapi “penyakit” ini bisa bikin usaha Anda stagnan di tengah jalan. Nah, jika motivasi Anda anjlok? Lakukan 5 hal agar motivasi kerja Anda meningkat.

Apa saja 5 hal tersebut?


PERTAMA, ingatlah pada keluarga sebagai sumber kekuatan dan motivasi Anda.

Keluarga Anda, istri, anak, maupun orang tua adalah sumber kekuatan yang pastinya bisa memotovasi Anda sedemikian rupa. Seringkali kebahagiaan keluarga inilah yang menjadi motivasi utama Anda ketika memulai serta menjalankan bisnis Anda saat ini.

Jika saat ini motivasi kerja Anda turun drastis, coba kembalikan permenungan Anda kepada keluarga yang senantiasa berharap akan keberhasilan Anda.

Dan jika memang kebahagiaan keluarga ini salah satu tujuan yang Anda kejar lewat bisnis yang Anda lakukan, tentu ini akan jadi kekuatan tersendiri yang bisa menaikkan kembali motivasi kerja Anda.

KEDUA, jangan jadikan pekerjaan sebagai beban, tapi jadikanlah pekerjaan tersebut salah satu hobi Anda.

Anda mungkin sering mendengar ungkapan yang sering dikatakan para motivator bisnis, bahwa, “Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.”

Kalau sudah hobi, seringkali kita lupa waktu mengerjakannya. Alih-alih merasa lelah, seringkali malah kita tambah semangat walaupun sudah seharian berkutat dengan hobi kita tersebut.

Demikian pula dengan pekerjaan yang menyenangkan, pasti membuat Anda juga akan lupa waktu ketika mengerjakannya.

Jadi, jika Anda mampu, sebisa mungkin cobalah menjadikan pekerjaan rutin yang Anda kerjakan ini sebagai salah satu hobi Anda. Nah, karena Anda tahu bahwa pekerjaan ini bisa menghasilkan uang, anggap saja pekerjaan tersebut adalah hobi yang Anda kerjakan plus menghasilkan uang.

Nikmat bukan?

KETIGA, jika Anda lelah, kehilangan semangat dan motivasi, serta merasa hendak menyerah, coba ingat-ingat kembali apa yang menjadi target, cita-cita, serta harapan Anda di awal merintis bisnis.

Target, cita-cita, serta harapan inilah yang harus senantiasa Anda pegang teguh sebagai alat bantu Anda mencapai tujuan Anda dalam berbisnis.

Jangan biarkan target, cita-cita, serta harapan Anda ini kandas di tengah jalan lantaran motivasi Anda anjlok begitu saja.

KEEMPAT, hindari hal-hal yang mampu membuat motivasi Anda menurun.

Rekomendasi artikel :   Lakukan Pelatihan Berkala Bagi Karyawan Jika Ingin Bisnis Anda Maju

Saya pribadi, seringkali kehilangan motivasi bekerja jika datang ke tempat usaha saya terlalu siang. Hal ini erat dengan kondisi psikologis saya pribadi. Akan tetapi, jika saya datang pagi, saya seringkali lebih semangat memebereskan semua pekerjaan secepat mungkin.

Ada juga, mungkin, yang bisa kehilangan motivasi jika terlalu sering membuka situs sosial media dan menghabiskan banyak waktu berselancar di situs-situs tersebut, sehingga kemudian menjadi cenderung malas-malasan ketika harus membereskan pekerjaan.

Apapun hal-hal yang bisa membuat Anda hilang motivasi, sesegera mungkin identifikasi, kemudian hindari semampu Anda, sehingga fokus dan semangat Anda tidak hilang terpengaruh hal-hal tadi.

KELIMA, rasakan kembali perasaan bahagia yang pernah Anda alami ketika Anda pernah mengalami rasa sukses. Ingat-ingat seperti apa rasanya, dan bawa perasaan itu ke saat ini untuk lebih memberi semangat bagi Anda menyelesaikan pekerjaan untuk mencapai target yang diinginkan, sehingga harapannya Anda akan kembali merasakan rasa sukses yang sama atau lebih besar dari yang pernah Anda alami.

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa bahagia ketika mencapai sebuah keberhasilan. Misalnya, Anda ketika sekolah pernah menjadi juara kelas, atau sewaktu kuliah pernah berhasil mencapai IPK tinggi sambil berjualan barang-barang keperluan mahasiswa, atau pernah berhasil menjadi karyawan terbaik di kantor Anda.

Apapun jenis keberhasilan yang pernah Anda alami, cobalah untuk mengingat perasaan bahagia ketika mengalami kesuksesan itu. Perasaan ini bisa menjadi motivasi dahsyat bagi Anda ketika mengalami penurunan semangat. Dengan mengingat dan merasakan ulang perasaan tersebut, Anda secara tidak langsung akan menaikkan semangat dan motivasi Anda untuk membereskan pekerjaan dengan tujuan mencapai kesuksesan dan meraih perasaan bahagia itu kembali.

Dengan mengingat perasaan bahagia kala sukses di masa lalu, Anda juga secara tidak langsung bisa menggapai kepercayaan diri yang mungkin hilang. Percaya bahwa Anda pernah mengalami sukses, dan akan mengalami sukses yang lebih besar lagi.

Demikian, 5 hal agar motivasi kerja Anda meningkat. Praktekkan dan rasakan hasilnya!

Salam sukses selalu untuk Anda. ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *