Mau Sukses? Ikuti 5 Langkah Berikut Ini!

suksesKondisi bisnis seringkali mencerminkan kondisi pemiliknya. Jika bisnis Anda sedang amburadul, mungkin ada beberapa hal yang tidak beres pula dengan diri Anda sebagai pemilik. Suksesnya bisnis Anda adalah cerminan suksesnya diri Anda sebagai pemilik. Jadi, mau sukses? Ikuti 5 langkah berikut ini.

1. Kekuatan Fokus

Cahaya matahari yang dilewatkan lensa cembung dan difokuskan ke satu titik, bisa menimbulkan efek panas yang membakar. Demikian juga jika energi dan pikiran Anda difokuskan pada satu titik tujuan, maka kekuatan fokus yang Anda lakukan akan mempercepat proses Anda dalam mencapai tujuan tadi.

Nah, jika selama ini Anda sudah sungguh-sungguh melakukan fokus, tapi ternyata hasil yang Anda harapkan belum bisa sesukses harapan Anda, mungkin yang terjadi adalah Anda salah fokus.

Penting juga agar Anda sering-sering menyesuaikan fokus Anda ini lewat evaluasi-evaluasi di setiap tahapan perencanaan yang Anda lakukan dalam mencapai tujuan Anda.

2. Manajemen Waktu

Setiap orang memiliki jatah waktu yang sama setiap harinya, yakni 24 jam dalam 1 hari. Tapi, tidak semua orang bisa memanfaatkan waktu yang sama tadi dengan maksimal. Banyak dari kita, termasuk saya, mungkin, sering membuang-buang waktu yang ada untuk hal-hal yang seringkali tidak berguna.

Inilah gunanya manajemen waktu, yakni mengusahakan agar waktu yang tersedia ini bisa dioptimalkan untuk menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan yang harus diselesaikan tanpa harus mengorbankan hal-hal yang penting dalam kehidupan.

Beberapa tips manajemen waktu yang bisa Anda coba antara lain :

  • Gunakan bantuan aplikasi penjadwal di smartphone yang Anda miliki untuk membantu Anda mengingat pekerjaan-pekerjaan penting yang harus Anda selesaikan
  • Pecah pekerjaan besar menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil. Tujuannya adalah untuk meringankan beban Anda di awal ketika memulai pekerjaan. Baca juga artikel saya berjudul : Bagaimana Cara Memakan Seekor Gajah?
  • Alokasikan pekerjaan-pekerjaan penting yang kira-kira bakal menyita energi dan pikiran Anda di waktu yang memang Anda merasa Anda sangat produktif. Misal di pagi hari.
  • Jangan lupakan untuk tetap menyisipkan waktu untuk beribadah di sela-sela kesibukan Anda tadi.

3. Tekad Yang Kuat

Segala sesuatu memang harus dimulai dari niat yang baik. Sama seperti bisnis yang Anda bangun, saya yakin juga ada niatan baik Anda ketika memulainya dulu. Akan tetapi, niat baik ini tidak akan terwujud tanpa adanya tekad yang kuat dari diri Anda untuk mewujudkan niatan tadi menjadi kenyataan.

Tekad yang kuat ini harus Anda realisasikan lewat perencanaan kerja yang jelas agar target-target yang Anda harapkan tercapai bisa diwujudkan dengan baik.

4. Biasakan Sering Membaca

Persaingan bisnis saat ini semakin ketat. Hanya mereka yang kuat dan adaptif saja yang mampu bertahan. Adaptif di sini maksudnya fleksibel terhadap kebutuhan jaman.

Rekomendasi artikel :   Nilai Rasa dari Sebuah Kerugian

Bagaimanapun juga, sebuah bisnis menghasilkan profit dari menjual nilai tambah berupa produk atau jasa yang sesuai kebutuhan konsumen. Di sisi lain, kebutuhan konsumen pun semakin kompleks karena pengaruh jaman dan teknologi yang semakin modern.

Jika sebuah bisnis tidak mampu melihat kebutuhan jaman yang relevan dengan target konsumennya, maka ia akan dengan mudah tergilas persaingan.

Untuk bisa membaca tren kebutuhan terkini dan prediksi masa depan, tidak ada cara lain selain Anda harus rajin-rajin membaca buku, artikel, majalah, koran, dan bacaan apapun yang bisa menambah wawasan bisnis Anda.

Saran saya, rajinlah membaca buku-buku tentang bisnis, marketing, manajemen, serta artikel-artikel blog yang relevan dengan ceruk (niche) bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti akun-akun sosial media yang senantiasa update dengan berita-berita terkait tren bisnis di ceruk bisnis yang Anda pilih.

5. Tentukan Prioritas

Studi menunjukkan bahwa melakukan beberapa hal sekaligus (mulitasking) tidak akan memberi hasil yang maksimal. Otak manusia bekerja secara berurutan (satu per satu) dalam mengolah informasi dan menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu, mau tidak mau, Anda harus memilih satu per satu pekerjaan yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. Anda harus mau membuat prioritas pekerjaan-pekerjaan mana yang untuk diurutkan dari yang penting dan mendesak, penting, mendesak, tidak penting, dan tidak mendesak.

Jika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dibereskan dan ada 1 atau 2 pekerjaan besar yang juga harus diselesaikan dalam waktu dekat, Anda bisa memecah pekerjaan-pekerjaan besar ini menjadi beberapa bagian kecil pekerjaan untuk bisa diatur waktu pengerjaannya bersamaan dengan pekerjaan-pekerjaan rutin lainnya.

Dengan cara demikian, waktu yang Anda gunakan untuk membereskan pekerjaan ini akan optimal dan optimal pula hasilnya.

Satu hal yang tak kalah penting, ketika Anda sudah membuat prioritas pekerjaan harian Anda, jangan biarkan jadwal yang sudah Anda susun ini berantakan hanya gara-gara diganggu hal-hal yang tidak penting yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda. Misalnya, bermain games, terlalu asyik aktif bermain sosial media, atau begadangan sehingga tubuh Anda kurang fit keesokan harinya, dan lain-lain.

Demikian 5 langkah yang harus Anda tempuh untuk membuat diri Anda dan bisnis yang Anda kelola semakin sukses.

Selamat berjuang! ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *