Ketahui 3 Aturan Utama Ini, Agar Bisnis Anda Berkembang

ketahui-3-aturanSaat Anda merancang dan memulai bisnis impian Anda, seharusnya Anda sudah mulai berpikir mengenai kompetitor dan bagaimana Anda akan menjalankan bisnis Anda tersebut di tengah persaingan bisnis yang ketat. Lalu, bagaimana langkah yang harus Anda ambil? Ketahui 3 aturan utama ini, agar bisnis Anda berkembang.

Apakah Anda berfokus pada kualitas produk yang lebih baik dari pesaing ataukah harga yang lebih murah daripada pesaing? Atau, mana yang harus Anda prioritaskan ketika pertama kali menjalankan bisnis, apakah fokus pada pertumbuhan omset atau berusaha menekan pengeluaran sesedikit mungkin? Simak penjelasannya di artikel ini.

Aturan #1 : Better Before Cheaper (Prioritaskan kualitas ketimbang harga)

Masuklah dalam persaingan dengan mengandalkan faktor pembeda dalam hal kualitas produk ketimbang bersaing harga dengan pesaing Anda.

Jika Anda bersaing soal harga dengan pesaing, Anda hanya akan mendapati lingkungan kompetisi yang “berdarah-darah”. Anda hanya akan berusaha “saling membunuh” dengan para pesaing Anda melalui perang harga.

Kompetisi semacam ini tidak sehat. Usaha yang dibangun dengan basis keunggulan hanya berdasarkan harga yang murah, seringkali tidak akan lestari.

Bangunlah produk/jasa Anda dengan keunggulan pembeda dari sisi kualitas atau keunikan yang bisa Anda tawarkan kepada para pelanggan Anda.

Bisa juga kualitas layanan yang baik menjadi pembeda Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda. Silakan Anda yang tentukan apa yang hendak Anda jadikan faktor pembeda ini.

Apapun yang ingin Anda jadikan keunggulan, buatlah itu untuk membedakan Anda dari pesaing Anda.

Aturan #2 : Revenue Before Cost (Utamakan peningkatan pendapatan ketimbang penghematan pengeluaran)

Prioritaskan peningkatan pendapatan bisnis Anda ketimbang berkutat menghabiskan energi untuk mengurangi biaya-biaya pengeluaran.

Batas maksimal peningkatan omset atau pendapatan adalah tak terhingga. Tergantung bagaimana Anda berikhtiar maksimal dan pintu rejeki yang dibukakan oleh-Nya.

Sedangkan batas maksimal pengeluaran yang bisa Anda irit adalah nol, yakni jika Anda sudah tidak berbisnis lagi. Karena tak mungkin Anda menjalankan operasional bisnis tanpa ada pengeluaran sama sekali.

Rekomendasi artikel :   4 Strategi Bisnis Ritel Terbaik Berdasarkan Matriks Kahn Mengenai Peritel Sukses

Jadi, fokuslah pada peningkatan omset dan pendapatan bisnis Anda ketimbang menghabiskan waktu serta tenaga mengirit pengeluaran terus. Hal ini, bukan berarti kita juga tidak mengetatkan pengeluaran. Hanya saja, fokus utamanya adalah di peningkatan omset.

Ambil contoh, salah satu cara menaikkan omset dengan cepat adalah menggunakan jasa iklan berbayar. Misal bisnis Anda adalah berjualan makanan, Anda bisa membayar jasa berbayar iklan di instagram, atau promosi berbayar akun-akun artis atau akun kuliner dengan follower yang banyak.

Dalam contoh tersebut, usaha utamanya adalah menaikkan omset dengan konsekuensi yang pasti adalah bertambahnya pengeluaran untuk biaya membayar iklan. Namun, jika hasil omset yang didapat bisa berlipat-lipat, tentu biaya yang dikeluarkan adalah termasuk dalam kategori pengeluaran yang baik.

Aturan #3 : There Are No Other Rules (Tidak ada aturan lain)

Aturan ini mengatakan bahwa cukuplah Anda mengikuti 2 aturan sebelumnya agar bisnis Anda bertumbuh dengan baik. Apapun yang hendak Anda perbuat untuk bisnis yang Anda jalankan, berpeganglah pada Aturan #1 dan Aturan #2, yang fokus pada faktor pembeda dalam hal kualitas serta fokus pada peningkatan pendapatan.

Ubah aturan, prioritas, dan apapun yang harus diubah agar Aturan #1 dan #2 senantiasa diikuti.

Demikianlah 3 aturan utama menjalankan bisnis agar bertumbuh dengan baik. Fokus pada faktor kualitas sebagai pembeda alih-alih hanya mengandalkan harga murah semata, dan fokus pada peningkatan omset alih-alih pada penghematan pengeluaran, serta terus fokus untuk menjalankan kedua aturan sebelumnya.

Selamat menjalankan bisnis impian Anda!

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *