Jenis Pemimpin Bisnis Yang Anda Butuhkan

Jim-Collins-leadership

 

Menurut Jim Collins, dalam buku best seller “Good to Great”, ia mengemukakan riset yang telah ia lakukan dan mengelompokkan jenis-jenis pemimpin bisnis atau kepemimpinan dalam sebuah organisasi (terutama bisnis) yang bisa membawa perubahan sebuah organisasi yang biasa menjadi level bagus (GOOD) kemudian menjadi hebat (GREAT).

Tanpa perlu basa-basi, berikut ini adalah 5 Level Pemimpin ala Jim Collins :

  1. Pemimpin Level 1 : Individu yang berkemampuan tinggi, yang memiliki produktivitas dan kontribusi tinggi sesuai keahliannya. Memiliki pengetahuan, keahlian, dan budaya kerja yang baik.
  2. Pemimpin Level 2 : Anggota tim yang mampu memberikan kontribusi tinggi terhadap pencapaian setiap tujuan yang dimiliki oleh tim. Merupakan orang yang mampu bekerja secara efektif bersama dengan anggota tim yang lain.
  3. Pemimpin Level 3 : Merupakan jenis Manajer yang Kompeten yang mampu mengatur tim dan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  4. Pemimpin Level 4 : Pemimpin Yang Efektif yang mampu memadukan komitmen dan tekad yang kuat untuk pencapaian visi yang jelas. Tipe pemimpin yang mampu memicu tim untuk memiliki standar performa tinggi.
  5. Pemimpin Level 5 : Pemimpin yang mampu membangun performa hebat secara terus-menerus melalui kombinasi paradoks (saling bertentangan) dari sikap pribadi yang rendah hati dan sikap profesionalitas yang tinggi.

Dari semua level kepemimpinan yang didefinisikan oleh Jim Collins, Pemimpin Level 5-lah yang ia sebut sebagai pemimpin yang mampu membawa perubahan luar biasa bagi sebuah organisasi (baik itu bisnis, sosial, ataupun lembaga negara) dari sebuah organisasi yang biasa-biasa saja menjadi sebuah organisasi yang melejit menjadi hebat.

Menurut Collins, pemimpin Level 5, merupakan cerminan pribadi yang paradoksial, kerap dianggap memiliki karakter yang bertentangan dengan tipe pemimpin yang orang awam harapkan. Pemimpin Level 5, umumnya merupakan tipe yang rendah hati dan pemalu yang tidak suka menjadi sorotan publik. Pemimpin jenis ini juga tipe orang yang lebih suka menonjolkan kehebatan dan keterlibatan orang-orang berkualitas dalam timnya ketimbang kehebatan pribadinya.

Namun, dibalik segala sikap kerendahan hati, pemalu, dan kesan lembek yang dimilikinya, Pemimpin Level 5 ini justru adalah pribadi yang memiliki visi dan misi yang jelas mengenai arah gerak organisasi, memiliki tekad yang kuat untuk mencapai misi membuat organisasi yang hebat dan keluar dari krisis. Pemimpin jenis ini juga tipe yang mampu bertahan di tengah cemoohan banyak orang terkait dengan berbagai kebijakan yang sering dianggap bertentangan dengan pemikiran orang awam.

Pada akhirnya, Pemimpin Level 5, dengan daya tahannya yang luar biasa, mampu membawa organisasi yang ia pimpin melewati masa-masa krisis dan membawa perubahan yang luar biasa pada organisasi yang dipimpinnya.

Rekomendasi artikel :   Memilih Anggota Tim Bisnis Yang Tepat

Salah satu hal yang sangat dikagumi dari tipe Pemimpin Level 5 ini adalah, mereka mampu menciptakan penerus yang mampu membuat organisasi tersebut tetap hebat meskipun mereka sudah tidak lagi memimpin. Tipe pemimpin ini jelas bukan tipe egois yang ingin menonjolkan dirinya dan meraup keuntungan sebesar-besarnya bagi diri pribadi. Tipe Pemimpin Level 5, seringkali tampil sebagai sosok yang lebih mengutamakan kepentingan perusahaan ketimbang ego pribadinya.

Dalam risetnya, Collins menyebutkan bahwa tipe Pemimpin Level 5, lebih banyak diperoleh dari internal organisasi ketimbang pemimpin dari luar organisasi (eksternal).

Nah, setelah Anda mengetahui seperti apa sih tipe Kepemimpinan Level 5 ini, saya yakin Anda bertanya, ” Lalu gunanya apa buat bisnis saya?” Hehehehe..

Jadi begini..

Mungkin saat ini Anda adalah pemimpin di bisnis atau organisasi yang Anda bangun. Mungkin juga saat ini, Anda sendiri yang memimpin berbagai tim dalam bisnis yang Anda jalankan. Tapi, saya kembali bertanya, sampai kapan Anda sendiri yang akan memimpin tim dalam bisnis Anda?

Saya yakin, sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengurusi segala macam hal dari mulai marketing, urusan dengan supplier, produksi, dan lain-lain. Dan ada kalanya ketika Anda sedang berhalangan terlibat dalam operasional bisnis, Anda mesti mendelegasikan sebagian peran Anda kepada tim Anda. Nah, tentu untuk pendelegasian tugas kepemimpinan ini, Anda membutuhkan orang yang menurut Anda bisa memimpin dan memang Anda percayai untuk memimpin tim. Betul?

Di sinilah artikel yang saya tulis ini (semoga) bisa berguna bagi Anda. Dengan mengetahui ciri-ciri Pemimpin Level 5 yang telah saya uraikan sebelumnya, Anda bisa segera mulai mencari bibit-bibit pemimpin dari internal tim Anda, yang bisa membantu membawa bisnis Anda ke level yang lebih hebat lagi.

Kalaupun saat ini Anda masih belum memiliki tim, Anda bisa mulai menerapkan disiplin kepemimpinan Level 5 ini dalam keseharian Anda sebagai pemilik dan pemimpin bisnis Anda sendiri.

Selamat mencoba dan selamat menjadi hebat! ^^

download ebook videobook gratis

One comment on “Jenis Pemimpin Bisnis Yang Anda Butuhkan
  1. Pingback: 9 Kriteria Menjadi Pemimpin Yang Ideal Bagi Karyawan Anda - Celoteh Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *