Jadilah Malas Agar Bisnis Anda Makin Berkembang

malas

Menjadi malas itu tidak baik, tapi bagi Anda, seorang pengusaha, jadilah malas agar bisnis Anda makin berkembang!

Lho, bukankah malas itu tidak baik? Bukankah kita senantiasa dituntut untuk selalu rajin?

Malas yang seperti apa yang tidak baik, dan menjadi malas yang seperti apakah seharusnya seorang pengusaha itu?

Guru bisnis saya pernah berujar, orang yang paling rajin bekerja seringkali adalah orang yang paling malas berpikir. Saking malasnya berpikir, sehingga orang ini hanya mau melakukan rutinitas yang itu-itu saja.

Padahal, jika saja orang ini mau meluangkan waktu untuk memikirkan cara atau sistem yang lebih efektif dan efisien dalam melakukan sesuatu, tentu orang tersebut akan melakukannya dengan cara yang berbeda dan lebih baik lagi tentunya.

Tapi kan tidak semua orang punya kebebasan melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan yang baik menurut orang tersebut? Misalnya karyawan yang memang harus melakukan pekerjaan sesuai perintah atasannya?

Nah, itu sebabnya artikel ini memang khusus untuk pengusaha, yang memiliki kebebasan berkreasi dan bekerja sesuai keinginannya untuk sukses. Tapi, bukan berarti Anda yang masih berstatus karyawan pun tidak bisa melakukan pekerjaan Anda dengan cara berbeda dengan lebih baik lagi, kan?

Di artikel yang lalu yang berjudul Kalau Semua Masih Mau Anda  Kerjakan Sendiri, Kapan Mau Maju? , saya pernah mengingatkan, jika Anda sebagai pengusaha, mengerjakan segala sesuatu seorang diri dalam bisnis Anda, bisnis yang Anda jalankan akan sulit mengalami kemajuan yang pesat.

Belum lagi resiko tutupnya bisnis yang Anda jalankan jika selalu mengandalkan kehadiran Anda. Mengenai hal ini pernah saya bahas di artikel berjudul Siap-Siap Tutup Lapak Kalau Anda Hanya Sekadar Berjualan Saja Tapi Tidak Punya Sistem Bisnis.

Tentu Anda juga tidak mau menjadi pebisnis seperti di cerita tentang seorang Tukang Masak Karatan, yang pada akhirnya menjadi bangkrut hanya karena tidak mau membangun sistem serta berinovasi, bukan?

Intinya adalah jangan terlalu terjebak dengan kenyamanan mengerjakan segala sesuatu seorang diri saja. Semakin Anda mengandalkan diri sendiri dalam operasional bisnis Anda, semakin rentan bisnis Anda untuk tidak beroperasi manakala Anda berhalangan hadir.

Di beberapa artikel yang saya sebutkan tadi, solusi agar Anda tidak terlalu melibatkan diri banyak dalam keseharian bisnis adalah dengan menciptakan sistem yang mampu berjalan otomatis.

Dengan sistem yang berjalan baik, fungsi Anda tentu beralih dari yang semula terlibat dalam operasional, kini hanya menjadi pengawas dari sistem dan untuk pengembangan bisnis.

Rekomendasi artikel :   Kunci Bisnis Sukses : 3 Faktor Utama

Untuk membuat sistem yang baik, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh pemikiran dan bahkan trial-error yang tidak sebentar. Akan tetapi, membuat sistem bisnis yang baik, tidak sesulit membangun pesawat ulang-alik.

Yang Anda perlukan adalah meluangkan waktu Anda untuk menyusun SOP (Standard Operational Procedure) dari setiap bagian di bisnis Anda dan mencari orang-orang yang tepat untuk menjalankan masing-masing bagian di bisnis Anda tersebut. Baca artikel berjudul Memilih Anggota Tim Bisnis Yang Tepat ini untuk Anda jadikan pedoman dalam memilih anggota tim di bisnis Anda.

Proses meluangkan waktu dan berpikir ini harus Anda lakukan di tengah kesibukan Anda saat ini menjalankan bisnis Anda. Hanya dengan cara demikian, Anda bisa secepatnya menghasilkan sistem bisnis yang tepat dan bisa diterapkan dalam bisnis Anda saat ini.

Gunakan prinsip Use Other People Power and Knowledge untuk membantu Anda merealisasikan sistem bisnis yang tepat. Terkadang, diri kita sendiri kurang memiliki pengetahuan yang tepat untuk menyusun sistem yang baik bagi bisnis kita sendiri. Di sinilah pentingnya kerendahan hati Anda untuk meminta bantuan orang lain.

Atau bisa juga Anda gunakan prinsip Amati Tiru dan Modifikasi (ATM) dari sistem yang sudah berjalan dari bisnis yang sejenis dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Apapun caranya, intinya adalah jadilah malas untuk mengerjakan hal-hal rutin yang memang bisa Anda delegasikan kepada karyawan Anda dan segeralah membangun sistem bisnis yang baik bagi bisnis Anda. Setelah itu Anda bisa lebih fokus dalam hal pengawasan dan pembesaran bisnis Anda.

Baca juga artikel berjudul Sistemasi Bisnis : Bisnis Jalan, Owner Jalan-Jalan – Mitos atau Fakta? ini bagi Anda yang mendambakan kebebasan waktu dalam menjalankan bisnis Anda. Sehingga Anda bisa memiliki bisnis yang memiliki ketergantungan yang minim akan kehadiran Anda, tapi mampu beroperasi otomatis dengan sistem pengawasan yang minimal pula.

Selamat menjadi malas! ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *