5 Bisnis Yang Mungkin Cocok dan Menguntungkan Bagi Anda

bisnis-menguntungkanBelum juga memulai bisnis yang Anda idam-idamkan karena masih bingung mau menjalankan bisnis yang seperti apa? Nah, tulisan kali ini mungkin berguna bagi Anda yang masih bingung mau memulai bisnis dari mana. Ini dia 5 bisnis yang mungkin cocok dan menguntungkan bagi Anda.


1. Bisnis Aneka Gadget dan Aksesorisnya

Saat ini, di kota-kota besar di Indonesia, hampir semua orang memiliki handphone. Bahkan, anak-anak SD sekalipun, sudah banyak yang dibekali handphone oleh orang tuanya untuk kebutuhan komunikasi. Belum lagi orang dewasa yang terkadang memiliki lebih dari satu handphone, laptop, dan terkadang ditambah tablet.

Bisnis gadget ini memang menggiurkan seiring dengan murahnya biaya akses internet di Indonesia sekarang ini. Media-media hiburan berupa video dan konten-konten di sosial media juga turut mendorong penjualan gadget-gadget dengan fitur yang memanjakan penggunanya.

Gadget-gadget ini sekarang ibaratnya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia-manusia sibuk yang senantiasa mengandalkan kecepatan komunikasi dan akses internet di manapun kapanpun.

Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba berbisnis gadget dan aksesorisnya. Tidak hanya di perkotaan saja, tapi di pinggiran kotapun, penggunaan gadget ini sudah mulai marak seiring dengan semakin luasnya jangkauan operator seluler di seluruh pelosok Indonesia.

2. Bisnis Online / Dropship

Bisnis online adalah bisnis yang mengandalkan jaringan internet sebagai sarana penjualan, pemasaran, dan komunikasi antara bisnis dengan pelanggannya.

Bisnis online mampu memperkecil jarak geografis antara penjual dan pembeli, bahkan seolah tanpa jarak sama sekali. Penjual dan pembeli bertemu dan berkomunikasi melalui media komunikasi internet. Transaksi pembayaran bisa dilakukan lewat kartu kredit ataupun lewat transfer bank.

Jenis barang yang laris dijual secara online biasanya adalah produk-produk yang sulit ditemui di penjual pinggir jalan. Biasanya barang-barang unik, fashion, aksesoris, dan lain-lain.

Bisnis online adalah bisnis kepercayaan, walaupun semua bisnis menyaratkan kepercayaan pelanggan kepada penjual, tapi dalam bisnis online, perlu upaya menumbuhkan tingkat kepercayaan yang ekstra agar calon pembeli mau membeli dari Anda walaupun melalui jarak yang jauh dan belum pernah melihat barangnya secara langsung.

Kekurangan bisnis online tentu saja terletak pada ketidakbisaan calon pembeli melihat sendiri kualitas barang yang hendak ia beli. Belum lagi terkadang ada beberapa oknum penjual online yang melakukan penipuan kepada pembelinya sehingga merusak citra para penjual online lain yang memang tidak bermasalah. Hal inilah yang seringkali menjadi hambatan bagi banyak orang untuk melakukan pembelian secara online.

Tapi, Anda tidak perlu kuatir, saat ini banyak marketplace yang mampu menyelenggarakan sarana jual beli online dengan tingkat keamanan dan kepercayaan yang tinggi. Anda bisa segera mulai berjualan di situ jika Anda tertarik.

Jika modal yang minim menjadi masalah Anda, jangan juga mundur jika memang Anda tertarik berbisnis online. Anda bisa saja berbisnis online dengan skema Dropship.

Dropship adalah salah satu skema jualan online dengan cara menjualkan produk orang lain (supplier), tanpa perlu memiliki stok barangnya terlebih dahulu. Jadi, dalam skema dropship, Anda sebagai penjual, cukup melakukan promosi penjualan saja. Jika ada yang tertarik untuk membeli, Anda tinggal meminta supplier Anda mengirimkan barang pesanan pembeli Anda ini ke alamat mereka. Dengan cara begini, Anda terbebas dari keharusan memiliki stok barang sendiri.

Rekomendasi artikel :   4 Faktor Penting Yang Menentukan Harga Jual

3. Bisnis Peralatan Olahraga

Olahraga adalah kebutuhan yang memang harus menjadi bagian dari rutinitas semua orang agar kesehatan tubuhnya terus terjaga. Bahkan, studi menunjukkan, semakin sering seseorang berolahraga, semakin meningkat kemampuan daya pikirnya.

Dewasa ini, olahraga sudah menjadi lifestyle banyak warga perkotaan. Olahraga menjadi gaya hidup yang meningkatkan prestise seseorang. Bahkan saat ini banyak komunitas-komunitas berbasis olahraga tertentu yang kegiatannya selain berolahraga, juga berkembang ke kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Jika Anda jeli melihat peluang, dan tertarik menekuni dunia olahraga, ada baiknya Anda mempertimbangkan bisnis peralatan olahraga sebagai bisnis yang hendak Anda jalani.

4. Bisnis Makanan

Siapa yang tidak butuh makan? Makan dan minum adalah kebutuhan pokok manusia yang tanpanya manusia tidak bisa bertahan hidup.

Memulai bisnis makanan tidaklah sulit. Anda hanya butuh konsep makanan seperti apa yang hendak Anda jual, apa keunikan makanan ini, dan siapa target market dari makanan yang hendak Anda jual ini.

Tanpa konsep yang jelas dan keunikan yang diunggulkan, Anda akan sulit bersaing dengan aneka ragam jenis makanan yang dijual oleh para pesaing Anda.

Tapi jangan juga takut, kunci utama bisnis makanan salah satunya adalah LOKASI. Ya, betul, lokasi gerai makanan Anda akan menjadi kunci penjualan makanan yang Anda jual.

Anggap saja Anda hanya jualan lotek, tapi jika Anda berjualan di lokasi sekitaran kantor-kantor di tengah kota, saya jamin, asal Anda bisa memberikan pelayanan dan kenyamanan tempat serta kebersihan, maka jualan lotek Anda akan laris.

Tambah lagi, jika Anda bisa menjual keunikan, misal lotek dengan tingkat kepedasan yang memiliki level-level, tentu bisa jadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli Anda. Inovasi adalah kunci lain dari perkembangan bisnis makanan.

5. Berjualan Produk Fashion

Selain makanan, kebutuhan pokok manusia adalah pakaian. Bisnis fashion adalah bisnis pakaian dan segala sesuatu yang dipakai manusia dari ujung kepala sampai ujung kaki yang fungsinya melindungi tubuh dan sebagai sarana mode bagi seseorang.

Ambil contoh sepatu, banyak sekali varian produk sepatu yang bisa Anda jual. Misal sepatu untuk orang kantoran, sepatu olahraga, sepatu casual, sepatu futsal, sepatu sekolah, dan lain-lain. Produk turunan sepatu pun banyak sekali dari mulai kaos kaki, kaos kaki gaul, stocking, poles sepatu, tali sepatu, dan lain-lain.

Produk fashion adalah produk yang setiap saat berganti mode dan tren. Oleh sebab itu, jika Anda memang tertarik untuk menekuni bisnis fashion, Anda harus mau terus-menerus update pengetahuan dan selera Anda terhadap dunia fashion yang hendak Anda tekuni.

Itulah 5 bisnis yang mungkin cocok dan menguntungkan bagi Anda, semoga Anda tidak bingung lagi mencari ide bisnis untuk Anda realisasikan.

Guru bisnis saya berkata, bisnis yang paling bagus adalah bisnis yang dijalankan, bukan melulu dipertanyakan.

So, selamat memulai bisnis. ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *