3 Keuntungan Karyawan Anda Aktif Di Sosial Media

aktivitas-sosial-mediaSaat ini dapat dikatakan adalah jamannya sosial media. Pengguna terbesar media sosial ini adalah anak-anak muda. Segala hal dibicarakan di media sosial. Hampir bisa dipastikan, karyawan-karyawan Anda pun terlibat aktif dalam sosialisasi di media-media sosial tadi. Bahkan seringkali aktif berlebihan sehingga berdampak buruk bagi kinerja mereka. Namun, dibalik dampak buruk tadi, ada 3 keuntungan karyawan Anda aktif di sosial media. Apa sajakah itu?

Sebelum membahas lebih lanjut soal keuntungan ini, sedikit akan saya ingatkan Anda beberapa hal buruk yang mungkin merugikan bagi kinerja bisnis jika Anda tidak mampu mengelola pengaruh dari aktivitas para karyawan Anda di sosial media.


Salah satu kerugian yang paling sering dikeluhkan oleh para pengelola bisnis adalah bahwa mereka kerap mendapati karyawan mereka mengabaikan tanggung jawab pekerjaan dan malah asyik bermain handphone. Entah itu bermain games, ataupun aktif di Facebook, Twitter, Instagram, Chatting, dan lain-lain.

Kerugian lain adalah, acapkali mereka menuliskan curahan hati mereka di status linimasa (timeline) akun sosial media mereka tentang buruknya pekerjaan, gaji yang dianggap terlalu kecil, bos yang semena-mena, dan banyak hal yang mungkin secara tidak langsung bisa berakibat buruk bagi bisnis yang sedang Anda kelola.

Tentu tidak semua hal bisa ada dalam kendali kita, terutama tentang hal-hal yang para karyawan ini bicarakan di akun sosial media yang mereka miliki. Akan tetapi, soal kedisiplinan kerja, tentu ini masih dalam pengaruh atau kendali Anda.

Buat aturan yang tegas agar karyawan-karyawan Anda tidak terlalu larut dalam aktivitas sosial media ketika jam kerja berlangsung. Hal ini juga bagian dari disiplin dan mendidik mereka untuk menghargai waktu.

Selain itu, bangunlah budaya kerja yang baik dan suasana kerja yang baik juga supaya para pegawai Anda ini tidak bersumpah serapah mengatakan hal-hal buruk di akun sosial medianya mengenai Anda ataupun bisnis Anda.

Mudah? Tidak juga. Tapi bisa dilakukan dan layak dicoba.

Nah, setelah Anda tahu sedikit mengenai pengaruh buruk dan dampak yang mungkin timbul dari aktivitas sosial media, Anda juga harus paham bahwa aktivitas yang mereka lakukan di sosial media, bisa menghasilkan efek yang positif dan menguntungkan.

Setidaknya ada 3 keuntungan karyawan Anda aktif di sosial media, yakni :

Keuntungan Pertama, media sosial sebagai sarana relaksasi para karyawan Anda. Di tengah kejenuhan aktivitas kerja, memang diperlukan sarana untuk menyegarkan hati dan pikiran. Dan dari sekian banyak sarana yang ada, sosial media adalah salah satu pilihan yang bisa menjadi sarana relaksasi ampuh bagi karyawan-karyawan Anda.

Rekomendasi artikel :   Motivasi Anda Anjlok? Lakukan 5 Hal Ini Agar Motivasi Kerja Anda Meningkat

Keuntungan Kedua, media sosial bisa menjadi sarana yang bisa menambah wawasan dan informasi bagi karyawan-karyawan Anda. Bagaimana tidak, saat ini, arus informasi begitu cepat menyebar lewat akun-akun sosial media.

Selain berita-berita terkait politik ataupun ekonomi, ada beberapa berita yang biasanya menarik perhatian kalangan muda (termasuk karyawan-karyawan Anda pastinya), yakni berita-berita terkait tren-tren kekinian di dunia kuliner, fashion, ataupun gaya hidup.

Anak-anak muda ini adalah golongan yang paling dekat dengan tren dan seringkali paling paham soal tren. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan, apalagi jika Anda adalah pebisnis yang “kurang gaul” dan kurang mengikuti tren yang ada di sekitar Anda.

Banyak informasi tren yang bisa Anda gali dari para pegawai Anda ini dan kemudian Anda manfaatkan bagi kemajuan bisnis Anda. Karena, bagaimanapun juga, kemampuan adapatasi bisnis Anda untuk berinovasi dan menciptakan tren di tengah gempuran pesaing, bisa menentukan bagaimana bisnis Anda bertahan.

Kemudian, Keuntungan Ketiga, aktivitas karyawan Anda di sosial media ini bisa menjadi sarana komunikasi dan penyebaran brand bisnis Anda. Prasyarat agar brand bisnis Anda bisa menyebar secara positif adalah bahwa budaya kerja di perusahaan Anda bisa sungguh membuat karyawan Anda merasa bahagia. Sehingga, mereka akan dengan sukarela membanggakan perusahaan tempat mereka bekerja serta produk/layanan yang mereka bantu buat atau jualkan.

Aktivitas mereka yang membanggakan bisnis di mana mereka bekerja ini adalah semacam “promosi” gratis yang bahkan juga bisa viral membawa nama brand bisnis Anda.

Demikian 3 keuntungan karyawan Anda aktif di sosial media, di samping beberapa hal buruk yang mungkin terjadi jika Anda tidak mampu membuat aturan tegas dan budaya kerja yang baik. Jadi, kini menjadi tugas Anda untuk mendidik karyawan-karyawan Anda agar mampu beraktivitas di sosial media dengan baik.

Salam sukses selalu.

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *