3 Elemen Penting Bagi Perkembangan Bisnis Anda

penjualanBisnis Anda hanya mungkin berkembang jika target penjualan yang Anda tetapkan senantiasa terpenuhi. Syukur-syukur kalau hasil penjualan ternyata melebihi target yang Anda tetapkan. Jika yang terjadi sebaliknya, bisnis Anda lama-kelamaan dipastikan bakal nyungsep. Nah, bagi Anda yang belum juga mencapai target penjualan, daripada bisnisnya nyungsep, yuk cermati 3 Elemen Penting Bagi Perkembangan Bisnis Anda ini.

Elemen Pertama : TRAFFIC

Bagi Anda yang menggeluti dunia bisnis online, istilah traffic pasti sudah akrab dengan telinga Anda. Namun, bagi Anda yang awam dengan istilah ini, traffic bisa diartikan sebagai jumlah kunjungan calon pembeli ke lokasi bisnis Anda.

Lokasi bisnis ini bisa berupa warung atau kedai Anda, toko, kantor, akun sosial media bisnis yang Anda miliki, website Anda, dan lainnya.

Karena jumlah traffic ini adalah jumlah calon pelanggan bagi bisnis Anda, maka jika niatan Anda memperbanyak jumlah penjualan, maka perbanyaklah calon pembeli yang punya potensi membeli kepada Anda.

Caranya bisa Anda lakukan dengan promosi, berbagi di sosial media, beriklan, dan lain-lain. Pokoknya lakukan segala upaya yang legal dan halal untuk membuat sebanyak-banyaknya calon pembeli agar mau mendatangi bisnis Anda.

Elemen Kedua : CONVERSION

Conversion memiliki padanan kata konversi dalam bahasa Indonesia, artinya adalah jumlah calon pembeli yang berkunjung yang kemudian pada akhirnya jadi membeli produk/jasa yang dijual bisnis Anda.

Angka konversi ini sangat penting karena hampir bisa dipastikan bahwa tidak semua traffic (calon pembeli) yang datang pada akhirnya menjadi pembeli.

Contohnya begini, jika ada 100 orang calon pembeli (traffic) yang mendatangi lokasi bisnis Anda, dan ada 40 orang yang pada akhirnya membeli. Maka angka konversi bisa dihitung dengan cara sebagai berikut :

KONVERSI = ( Pembeli : Calon Pembeli ) x 100%

Dari contoh tadi, karena dari 100 calon pembeli hanya 40 orang yang membeli maka angka konversinya adalah 40%.

Semakin tinggi angka konversi, semakin baik tentunya bagi penjualan Anda. Tugas Anda adalah mengupayakan agar angka konversi ini semakin tinggi bagi bisnis Anda.

Caranya bisa beragam, mulai dari memasang spanduk promo yang “eyecatching” dengan copywriting yang bisa membuat calon pembeli Anda mau membeli di lokasi kedai atau toko Anda. Senantiasa update di media sosial yang tren di kalangan target market Anda dengan gambar foto/video yang menarik. Atau juga dengan memberikan penawaran yang tidak mungkin ditolak calon pembeli Anda, misal lewat diskon atau pemberian bonus, dan lain-lain.

Elemen Ketiga : RELATIONSHIP

Relationship artinya adalah hubungan. Dalam hal ini, relationship yang dimaksudkan adalah hubungan antara Anda (bisnis Anda) dengan para pelanggan Anda.

Tujuan jangka panjang dalam hal penjualan adalah untuk membuat para pembeli Anda menjadi pelanggan setia yang akan selalu melakukan repeat order (pembelian berulang) atas produk-produk yang Anda tawarkan serta membuat para pelanggan Anda untuk membeli lebih banyak, dan merekomendasikan produk/jasa Anda ke kenalan mereka.

Rekomendasi artikel :   Malu Bertanya, Susah Penjualan

Jika Anda sudah melakukan pembinaan para pelanggan yang Anda miliki, artinya Anda sudah berada di jalur yang benar. Jika belum, lakukan segera. Bangun hubungan jangka panjang dengan tulus.

Setiap pembeli adalah manusia yang pasti senang diperlakukan secara manusiawi dan spesial/khusus. Kerap kali mereka membeli bukan karena produk Anda adalah yang paling murah atau yang paling bagus, tapi bisa jadi karena selain memang produk Anda adalah salah satu solusi yang mereka cari, mereka juga “jatuh cinta” dengan pelayanan, keramahan, atau hal lain yang Anda tawarkan.

Contohnya, Ibu saya punya toko langganan setiap kali beliau mau menjual atau membeli perhiasan. Pernah suatu saat saya bertanya kepada beliau, mengapa tidak mencoba toko lain. Beliau hanya berkata, “Ah, ngapain ke toko lain. Toko langganan ini udah bertahun-tahun saya tau. Pegawainya ramah-ramah. Kalo nanya-nanya pasti dilayani. Mau beli ataupun jual, selalu dilayani dengan baik. Harganya juga bagus.”

Ya, itulah kekuatan relationship. Jika bisnis Anda bisa membangun relationship yang hebat, Anda akan memiliki banyak pelanggan loyal yang akan sulit dicuri oleh kompetitor Anda.

Demikianlah 3 Elemen Penting Bagi Perkembangan Bisnis Anda. Ketiga elemen ini saling berkaitan satu sama lain, dan sulit dipisahkan masing-masing.

Traffic yang tinggi hanya akan menghasilkan konversi yang baik dalam jangka panjang jika Anda mampu membangun relationship yang hebat.

Relationship yang hebat mampu menciptakan efek viral atau word of mouth dari para pelanggan Anda yang ujungnya adalah penambahan jumlah traffic bagi bisnis Anda. Relationship yang hebat juga akan meningkatkan angka konversi yang berujung pada peningkatan penjualan.

Angka konversi yang tinggi berarti omset (dan profit) yang tinggi ini, bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk memberikan bonus atau diskon serta pelayanan yang lebih baik lagi kepada para pelanggan Anda. Dengan demikian relationship yang Anda bangun juga bisa lebih baik lagi.

Tujuan besar dan jangka panjang dari sebuah bisnis adalah memberi manfaat pada sebanyak-banyaknya pelanggan setia yang akan terus-menerus membeli produk/jasa yang bisnis Anda tawarkan sebagai solusi permasalahan yang mereka miliki. Dan sebagai konsekuensinya, Anda bisa memperoleh keuntungan dari upaya Anda ini.

Sekian. Work hard, pray harder.

Salam sukses selalu bagi Anda. ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *