24 Pelajaran Bisnis Berharga Dari Salah Satu CEO Terbaik Dunia Ini Bisa Membuat Bisnis Anda Semakin Maju (Bagian Kedua)

pelajaran bisnis

24 Pelajaran Bisnis Berharga Dari Salah Satu CEO Terbaik Dunia Ini Bisa Membuat Bisnis Anda Semakin Maju (Bagian Kedua)

Di artikel 24 Pelajaran Berharga dari Jack Welch – Bagian Pertama, Anda telah diajak untuk mengenal siapa itu Jack Welch dan kiprahnya selama di General Electric (GE).

Anda juga sudah diajak untuk memahami peninggalan Welch berupa 12 pelajaran bisnis berharga bagi Anda. Nah, di Bagian Kedua ini, Anda akan diajak mempelajari 12 pelajaran bisnis lainnya dari sosok Jack Welch.

Siapkan kopi dan makanan ringan sambil menyimak artikel ini.. sruputtt..

Pelajaran #13 : Libatkan Semua Anggota Tim Anda

Alih-alih hanya melibatkan sedikit orang-orang yang Anda anggap penting dalam pengambilan keputusan, sebaiknya Anda melibatkan semua anggota tim dalam memberi masukan-masukan bagi setiap keputusan yang Anda ambil, karena semakin banyak pemikiran, pertimbangan dan masukan yang Anda dapat, maka semakin baik Anda bisa mengambil keputusan.

Nah, agar bisnis Anda pun bisa lebih melibatkan sebanyak mungkin anggota tim, maka Anda harus lebih mengedepankan budaya partisipasi dari semua orang.

Biasakan bertanya tentang segala proses yang terjadi dalam bisnis Anda ke setiap orang anggota tim. Dan terbukalah terhadap pemikiran-pemikiran mereka.

Selain itu, biasakan untuk mengadakan forum diskusi terbuka dalam nuansa yang tidak formal agar semua orang terbiasa mengeluarkan pendapat, kritik, dan masukan bagi kemajuan bisnis Anda.

Pelajaran Bisnis #14 : Tulis Ulang Program Kerja Anda

Welch selalu melihat bahwa perubahan adalah kesempatan, bukan ancaman. Dan ia sangat mengapresiasi orang-orang di GE yang memiliki pemahaman yang serupa. Menurut Welch, orang-orang yang demikian adalah masa depan GE yang sebenarnya.

Setiap orang yang demikian, akan senantiasa menulis ulang agenda kerjanya sehingga senantiasa berusaha mengakomodasi perubahan yang niscaya selalu terjadi.

Kompetitor, pasar, ekonomi, dan teknologi akan senantiasa berubah. Oleh sebab itu, perubahan-perubahan yang pasti terjadi ini haruslah Anda tanamkan di benak anggota tim Anda agar mereka bisa menyesuaikan program-program kerjanya sesuai dengan kebutuhan yang muncul akibat perubahan yang terjadi.

Selain itu, sebuah bisnis haruslah paham bahwa tidaklah mungkin untuk menyusun strategi bisnis detil sebagai pegangan dalam jangka waktu yang lama, karena setiap perubahan yang terjadi di tengah jalan akan membuat strategi bisnis tadi menjadi tidak berguna.

Yang disarankan Welch adalah agar setiap bisnis memiliki acuan goal atau tujuan jangka panjang yang memungkinkan adanya perubahan strategi yang mengakomodir inisiatif-inisiatif dalam mengatasi segala perubahan yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan waktu.

Selalu sediakan ruang untuk perubahan dan hal-hal yang tak terduga dalam perjalanan strategi bisnis Anda.

Pelajaran #15 : Bergerak Cepat

Salah satu kelemahan yang kerap muncul di perusahaan yang besar adalah mereka acapkali lambat bergerak, demikian juga GE di awal kepemimpinan Jack Welch.

Misi Welch adalah menciptakan GE baru yang lebih gesit dan cepat dalam bergerak, mengambil keputusan, dan merespon perubahan di dunia luar.

Welch ingin menyuntikkan jiwa pemilik bisnis kecil yang selalu “berlari” dalam setiap kesempatan ke dalam tubuh GE yang sudah sangat besar kala itu. Ia ingin agar setiap orang di GE berlaku seolah-olah adalah pemilik bisnis kecil yang sigap, cekatan, dan cepat merespon konsumen, dan mengenal konsumennya secara pribadi dengan baik.

Selain cara tadi, agar budaya bergerak cepat ini bisa terwujud, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan memasukkan unsur kecepatan dalam setiap proses bisnis yang ada sebagai tolak ukur kinerja.

Pelajaran #16 : Membangun Rasa Percaya Diri

Di awal kepemimpinan Welch, begitu banyak unit bisnis GE yang ditutup dan ribuan pegawainya terpaksa harus diberhentikan. Hal ini berimbas pada kondisi psikologis sebagian besar karyawan GE yang tersisa.

Banyak karyawan tersisa yang senantiasa diliputi rasa kuatir dan kecemasan yang berkepanjangan. Hal ini tentu disadari oleh Welch. Ia pun mengambil langkah yang diperlukan untuk membangun rasa percaya diri karyawan GE.

Selain kecepatan dan kesederhanaan, tingkat kepercayaan diri yang tinggi adalah hal yang sangat penting untuk diwujudkan di GE.

Rasa kepercayaan diri ini dibangun terus oleh Welch dalam budaya kerja yang mengutamakan keterbukaan, kesederhanaan, dengan meninggalkan segala birokrasi berbelit, dan tingkat partisipasi dan keterlibatan yang tinggi dalam setiap pengambilan keputusan.

Menurut Welch, sangat sulit meningkatkan rasa percaya diri karyawan jika suasana kerja tidak mendukung keterbukaan pikiran. Dan hanya melalui kepercayaan diri yang tinggilah, segala proses kerja bisa diimplementasikan dalam suatu kesederhanaan yang memangkas jalur-jalur birokrasi.

Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menghargai setiap ide yang muncul dari anggota-anggota tim bisnis Anda. Penghargaan akan ide ini bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri tim.

Training berkala juga layak untuk diselenggarakan demi terciptanya rasa percaya diri yang semakin bertumbuh di diri anggota tim bisnis Anda.

Pelajaran #17 : Melarkan Target Setinggi-Tingginya

Salah satu kontribusi besar Jack Welch dalam kepemimpinan adalah kemampuannya menempatkan manusia sebagai titik penting pendongkrak produktivitas dan sebagai alat yang mampu membawa perusahaan ke level yang lebih tinggi.

Manajemen ala Welch berpandangan bahwa manusia memiliki kemampuan yang tanpa batas. Dalam budaya kerja yang dibangun Welch (keterbukaan, kesederhanaan birokrasi, partisipasi semua elemen), satu-satunya yang membatasi kemampuan individu-individu di perusahaan adalah ekspektasi perusahaan terhadap kinerja mereka.

Oleh sebab itu, menurut Welch, tanggung jawab “membuat melar” kemampuan atau membuat individu-individu di GE mencapai potensi maksimalnya adalah menjadi tanggung jawab perusahaan. Perusahaan haruslah bisa menyediakan sarana agar individu-individu di dalamnya mampu “meraih bintang”.

Welch selalu menantang setiap orang di GE untuk menunjukkan seberapa jauh orang tersebut mampu memelarkan diri dan memberikan performa terbaiknya.

Rekomendasi artikel :   9 Kriteria Menjadi Pemimpin Yang Ideal Bagi Karyawan Anda

Setidaknya ada 3 hal yang bisa dijadikan panduan praktis dalam membuat target yang tinggi di bisnis Anda, yakni : pasang target yang dirasa tak mungkin, jangan terlalu berfokus pada angka, dan berikan kelonggaran jika dalam perjalanan mencapai target yang tinggi itu ada sedikit kemunduran.

Pelajaran #18 : Hilangkan Batasan

Salah satu pelajaran bisnis berharga dari Welch adalah agar setiap individu di GE mampu mencapai potensi maksimalnya. Welch merasa perlu menghilangkan batasan-batasan birokrasi yang selama ini memenjarakan kebebasan berekspresi individu-individu berbakat di GE.

Batasan ini bisa jadi adalah batasan horizontal, yang membatasi ekspresi antarindividu dalam tim, dan batasan vertikal yang membatasi ekspresi antarindividu dalam jenjang manajemen vertikal.

Dengan menghilangkan batasan, Welch menciptakan lingkungan yang lebih terbuka terhadap ide-ide besar, lingkungan yang saling menumbuhkan kepercayaan satu sama lain, dan menumbuhkan GE sebagai organisasi pembelajar.

Pelajaran #19 : Komunikasikan Visi

Sebagaimana telah disebutkan, aset terbesar GE bukanlah teknologi yang mampu dihasilkannya, akan tetapi kemampuannya menciptakan individu-individu pemimpin yang mampu menjalankan bisnis di GE dengan baik.

Bagi Welch, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu mengkomunikasikan ide dan visinya kepada anggota tim lain sekaligus membuat anggota tim lain menjadi bersemangat dan terinspirasi untuk mencapai tujuan dari visi tersebut dengan cara memberikan segala kemampuan terbaik diri mereka.

Mengkomunikasikan visi bukan berarti secara detil mendikte langkah demi langkah apa-apa yang harus dikerjakan, tapi lebih kepada memberi inspirasi dan gambaran besar tujuan yang harus dicapai sembari memberi ruang terhadap kreativitas dan ide-ide terbaik bermunculan dari anggota tim lain dalam perjalanan mewujudkan visi tadi.

Pelajaran #20 : Dapatkan Ide-Ide Terbaik Dari Mana Saja

Sebelum kepemimpinan Welch, GE sangat tertutup terhadap ide-ide inovasi yang berasal dari luar perusahaan. Namun, semenjak kepemimpinan Welch, paradigma tersebut berubah.

Welch, bukan saja membolehkan mencari ide-ide bagus dari luar perusahaan, akan tetapi mengharuskan setiap orang untuk mencari ide-ide terbaik dari luar perusahaan sebagai bagian dari pekerjaan mereka.

Sangat salah jika memandang bahwa Anda bisa memperoleh semua jawaban persoalan bisnis dari sumber internal perusahaan Anda. Akan tetapi, bangunlah budaya keterbukaan dan tanamkan paradigma untuk selalu mencari ide-ide terbaik dari dalam maupun luar perusahaan.

Pelajaran #21 : Ajak Orang Lain Berprestasi

Ada 4 kriteria yang dicari Welch dari para manager di GE, yakni :

  • Energy, individu yang memiliki energi besar yang seolah tak terbatas
  • Energize, individu yang mampu menularkan energi positifnya dan menginspirasi orang lain
  • Edge, individu yang memiliki antusiasme dalam berkompetisi dan keinginan untuk menang
  • Execution, individu yang memiliki rekam jejak kebiasaan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik

Kriteria-kriteria ini dikenal dengan 4E yang harus dimiliki oleh manajer-manajer di GE. Dan Welch sudah membuktikannya sendiri. Ia adalah orang yang menjalani 4E tadi. Kesehariannya dalam memimpin, menunjukkan bahwa kriteria itu tidaklah mengada-ada.

Dengan menerapkan keempat kriteria tadi dalam keseharian kinerja Anda, Welch sudah membuktikan bahwa ia bisa membuat orang lain menjadi terinspirasi untuk mengikuti 4E tadi sebagai bagian dari pekerjaannya.

Hasil dari menjalankan 4E tadi dan mengkomunikasikannya dalam tindakan dan kata-kata, maka Anda secara tidak langsung akan mengajak orang lain berprestasi.

Pelajaran #22 : Kualitas Adalah Bagian Dari Pekerjaan Anda

Bagi Welch, kualitas haruslah menjadi tanggung jawab setiap individu di GE, bukan semata-mata menjadi tanggung jawab manajemen saja. Oleh sebab itu, berbekal pengetahuannya mengenai program Six Sigma (yang digagas terlebih dahulu oleh Motorola), Welch mulai serius menerapkan peningkatan kualitas produk melalui program Six Sigma ini di seluruh level karyawan di GE.

Penerapan Six Sigma ini sangat banyak mempengaruhi kinerja GE di kemudian hari. Banyak kenaikan produktivitas dan kualitas terjadi karena perusahaan mampu menerapkan Six Sigma ini di seluruh level perusahaan.

Jika Anda belum memiliki program yang bisa menjadi panduan untuk menjaga kualitas produk di bisnis Anda, segeralah terapkan agar kinerja bisnis dan produk yang dihasilkannya mampu terjaga kualitasnya di setiap level.

Pelajaran #23 : Perubahan Tak Akan Pernah Berakhir

Salah satu paradigma yang diubah oleh Welch dalam kultur perusahaan GE yang lama adalah tentang perubahan.

Selama ini, karyawan GE, termasuk top level manajemen, tidak pernah melihat perubahan sebagai sesuatu yang penting yang bisa saja membuat perusahaan terjungkal dalam kompetisi global dalam waktu yang singkat.

Welch mencoba menanamkan hal ini, yakni bahwa perubahan akan selalu ada di dalam dan di luar perusahaan. Tidak ada yang konstan selain perubahan itu sendiri.

Bagi Welch, menanamkan paradigma ini sangatlah penting, yakni bahwa karena dunia senantiasa berubah, maka internal perusahaan pun haruslah terus berubah menuju arah yang lebih baik, lebih kompetitif, dan lebih tanggap terhadap perubahan yang terjadi di luar.

Pelajaran #24 : Bersenang-Senang

Bersenang-senang adalah pelajaran bisnis terakhir dari Jack Welch. Anda haruslah menikmati pekerjaan Anda.

Menurut Welch, jika pekerjaan yang Anda ambil tidak mampu membangkitkan energi yang tinggi dan menginspirasi Anda untuk berbuat lebih, maka Anda tidak seharusnya mengambil pekerjaan tersebut.

Suasana kerja yang tidak terlalu formal, kecepatan, dan kesenangan adalah kriteria perusahaan yang harus ada agar karyawan-karyawan di dalamnya bisa menikmati pekerjaannya.

DEMIKIAN, 12 pelajaran bisnis lainnya dari total 24 pelajaran bisnis yang diajarkan Jack Welch selama menjadi CEO di General Electric.

Semoga pelajaran bisnis dari Jack Welch ini bermanfaat bagi bisnis Anda! ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *