Memilih Anggota Tim Bisnis Yang Tepat

people-search

 

Melanjutkan tulisan saya tentang tips dan saran mencari karyawan yang berjudul Tips Mencari Karyawan, tulisan saya kali ini lebih membahas hal yang perlu Anda jadikan prioritas ketika memilih anggota tim bisnis untuk bergabung dalam bisnis Anda.

Orang yang saya maksud di sini bisa jadi orang yang akan Anda jadikan karyawan atau bisa juga orang yang hendak Anda jadikan rekan bisnis Anda. Nah, untuk lebih mudahnya, saya gunakan saja istilah memilih anggota tim untuk bisnis Anda ya.. Hehe.. Lanjuutttt..

Jika Anda ingin membawa bisnis Anda menjadi bisnis yang hebat, Anda tentu memerlukan orang-orang yang hebat juga untuk menjalankan bisnis Anda. Percaya atau tidak, kompetensi seseorang bukanlah hal utama yang bisa Anda jadikan kriteria ketika memilih seseorang untuk menjadi bagian dari tim Anda. Mengapa demikian?

Begini ilustrasinya, tidak selamanya bisnis Anda akan selalu mengalami masa keemasan, betul? Seandainya hal terburuk terjadi pada bisnis Anda, misal karena faktor krisis ekonomi global, mau tidak mau bisnis yang Anda jalani juga ikut terseok-seok menderita kerugian yang berkepanjangan. Nah, di saat seperti ini, Anda sebagai pemilik bisnis tentu perlu memutar otak untuk menentukan langkah ke depan menghadapi kondisi yang demikian pahit. Kemudian, misalkan Anda sebelumnya melakukan perekrutan anggota tim bisnis Anda sekadar berbasis kompetensi semata, di masa-masa sulit seperti itu, apakah kompetensi bisa menjadi andalan? Saya yakin tidak!

download-database-supplier-di-sini

Dalam kondisi kritis, yang Anda butuhkan adalah tim yang siap bekerja keras, siap bergerak ke arah yang Anda tentukan, yang tidak mengeluh dan mau belajar bahkan jika yang harus dilakukan adalah bergerak ke area-area di luar jalur sebelumnya.

Jika Anda memilih anggota tim Anda hanya berdasar kompetensi semata, belum tentu dalam kondisi kritis, mereka siap banting setir bekerja keras di luar jalur keahlian mereka dengan penuh semangat. Misalnya, jika bisnis utama Anda adalah kuliner, jika seandainya Anda mesti banting setir masuk ke bisnis fashion, apakah orang-orang yang berkompeten tadi siap untuk belajar hal baru dan bekerja keras bersama Anda bergerak ke arah yang sama sekali beda dari sebelumnya?

Rekomendasi artikel :   9 Kriteria Menjadi Pemimpin Yang Ideal Bagi Karyawan Anda

Tentu jawabannya akan bermacam-macam. Yang pasti, kriteria yang mesti Anda cari ketika merekrut anggota tim bagi bisnis Anda adalah bahwa mereka mestinya adalah orang-orang yang memiliki karakter kinerja yang terbaik. Yang berdedikasi tinggi dengan tanggung jawab pekerjaannya, lebih mengutamakan kepentingan tim dibandingkan ego pribadinya, yang siap bekerja keras apapun langkah kebijakan yang sudah ditetapkan, yang siap mendukung segala keputusan terbaik yang dihasilkan.

Jika Anda sudah menemukan orang yang memiliki kinerja seperti yang saya sebutkan tadi, apalagi jika memiliki tambahan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pemilik bisnis, ajaklah mereka bergabung dalam tim Anda. Orang-orang seperti ini biasanya tidak perlu energi berlebih untuk dimotivasi agar memiliki kinerja yang baik. Bahkan mereka akan memiliki kinerja hebat sedari awal mereka bergabung dalam tim Anda.

Orang-orang berkinerja hebat semacam ini, memang seolah sudah dilahirkan dengan keharusan mencapai target. Artinya, dalam kondisi terbaik atau terburuk bisnis Anda sekalipun, mereka selalu siap untuk mendukung segala arah visi dan misi bisnis yang Anda tetapkan.

Memang tak mudah mencari orang-orang hebat semacam ini, itulah kenapa, hanya sedikit perusahaan yang mampu bertahan sebagai perusahaan hebat. Tapi, kalau Anda tidak mengusahakannya, bisa dipastikan bisnis Anda tidak akan pernah menjadi hebat. He he he…

Yuk menjadi hebat dengan cara membangun tim yang hebat  terlebih dahulu! ^^

download ebook videobook gratis

One comment on “Memilih Anggota Tim Bisnis Yang Tepat
  1. Pingback: 3 Hal Yang Bisa Membunuh Bisnis Start-Up Yang Anda Rintis - Celoteh Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *