Marketing Mix : Dulu dan Sekarang

marketing mix

Marketing Mix : Dulu dan Sekarang

Salah satu istilah yang sangat populer di dunia pemasaran adalah marketing mix atau dikenal juga dengan nama bauran pemasaran. Keempat komponen marketing mix yang sering dijadikan bagian dari strategi pemasaran sebuah bisnis adalah Product – Price – Place – Promotion, atau dikenal dengan istilah 4P Marketing Mix.

Perubahan cepat yang terjadi dalam dunia ekonomi global akibat disrupsi teknologi informasi yang mampu mengubah wajah persaingan ekonomi baik lokal maupun global, membawa perubahan pula dalam bagaimana seorang marketer menerapkan strategi marketing mix di era sekarang ini.

Bagaimana strategi marketing mix yang sebaiknya diterapkan bisnis Anda di era penuh disrupsi sekarang ini?

Untuk menjawab hal ini, Anda perlu memahami dulu bagaimana marketing mix secara konvensional diterapkan dalam sebuah bisnis

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix atau bauran pemasaran didefinisikan sebagai proses mengintegrasikan penawaran (product & price) dan kemudahan akses kepada perusahaan (place & promotion).

Keempat komponen ini terikat satu sama lain dan merupakan kesatuan yang ditawarkan kepada pelanggan. Itulah mengapa proses ini dinamakan bauran.

download-database-supplier-di-sini

Marketing mix adalah bagian dari proses kreasi perusahaan yang dimulai dari proses diferensiasi melalui Konten – Konteks – Infrastruktur yang mengintegrasikan berbagai penawaran perusahaan kepada pelanggan.

Banyak marketer yang menyalahartikan marketing mix sebagai keseluruhan proses pemasaran. Padahal, marketing mix adalah salah satu bagian dari aktivitas pemasaran secara keseluruhan.

4 Komponen Dalam Marketing Mix

[1] Product

Product atau Produk pada dasarnya adalah segala sesuatu yang ditawarkan oleh sebuah bisnis kepada pelanggan. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa yang akan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Atau dengan kata lain, produk merupakan solusi permasalahan yang dihadapi pelanggan.

Komponen produk ini sifatnya tidak baku, artinya Anda bisa memodifikasi atau memberi tambahan jika kondisi pasar berubah.

[2] Price

Price atau Harga adalah nilai uang yang dikenaan kepada pelanggan sebagai ganti untuk mendapatkan produk.

Di antara semua komponen marketing mix, komponen Harga adalah komponen yang paling fleksibel karena dapat diubah kapan saja mengikuti kondisi.

Celakanya, saking fleksibelnya, banyak pemilik bisnis yang mengandalkan perubahan harga (melakukan perang harga) sebagai strategi utama marketingnya di masa-masa sulit.

Memainkan strategi perang harga di masa sulit, mungkin akan berhasil dalam jangka waktu pendek, tapi akan sangat merugikan dalam jangka panjang, karena tanpa margin keuntungan yang pas, bisnis tidak akan mampu berkembang dengan baik. Dan, bahkan bisnis Anda akan lekas mati ketika ada kompetitor yang berani jual rugi produknya demi memenangkan persaingan.

[3] Place

Place atau Tempat dapat diartikan sebagai sarana/saluran/akses yang digunakan pelanggan untuk mendapatkan dan/atau menggunakan produk yang Anda jual.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam komponen ini antara lain : ketersediaan, kenyamanan, kepraktisan, keamanan, dan berbagai hal lainnya.

[4] Promotion

Promotion atau Promosi didefinisikan sebagai perpaduan komunikasi pemasaran perusahaan dalam berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Tren komunikasi saat ini yang sifatnya dua arah, yang ditunjang dengan teknologi internet semakin membuat peran komponen Promosi ini menjadi krusial.

3 Pendekatan Dalam Melakukan Marketing Mix

Dalam melakukan aktivitas marketing mix (product-price-place-promotion) ini, terdapat 3 pendekatan yang biasa dilakukan oleh para pebisnis atau marketer, yakni :

#Pendekatan Pertama : Destruktif

Pendekatan destruktif ini melakukan marketing mix dengan tidak menambah value kepada konsumen dan kurang efektif membangun citra perusahaan.

#Pendekatan Kedua : Me Too

Dalam pendekatan me-too marketing mix, perusahaan mengimitasi penawaran pesaingnya.

#Pendekatan Ketiga : Kreatif

Marketing mix kreatif adalah marketing mix yang berusaha menciptakan value tinggi, baik kepada pelanggan maupun perusahaan.

Inovasi Yang Melampaui Batasan

Dalam bukunya berjudul Marketing in Challenging Times, Hermawan Kartajaya mengatakan, hal termudah yang dapat dilakukan seorang marketer dalam menghadapi masa sulit adalah : menurunkan harga, menurunkan kualitas (untuk menurunkan biaya), menambah saluran pemasaran, dan gencar melakukan promosi berbiaya murah. Semuanya terkandung dalam marketing mix.

Di antara semuanya, aktivitas memangkas harga dan memberikan diskon menjadi cara paling mudah dan sekaligus paling umum dilakukan para pebisnis.

Menurut Seth Godin, menyediakan produk murah adalah cara termalas para marketer dalam menghadapi situasi, sekaligus termasuk cara paling berbahaya bagi organisasi itu sendiri.

Bagi Seth Godin, pemangkasan harga sebaiknya menjadi alternatif terakhir ketika pebisnis atau marketer kehilangan ide besar. Hal ini seharusnya bukan menjadi pilihan yang paling pertama.

Rekomendasi artikel :   Positioning Bisnis di Zaman Now

Menyiasati hal ini, Anda haruslah menjadi kreatif dalam merancang marketing mix yang bisa menjadi daya tarik tinggi bagi pelanggan. Berikanlah value yang dipersepsikan tinggi oleh pelanggan agar bisnis Anda menjadi pilihan utama dibandingkan kompetitor lainnya.

Bagaimana caranya? Jawabannya adalah melalui inovasi.

Inovasi bisa dilakukan tanpa perlu melakukan perombakan besar di perusahaan atau di bisnis Anda. Anda bisa melakukan inovasi atau perubahan kecil tapi yang memiliki dampak besar dalam organisasi bisnis Anda. Inovasipun tidaklah perlu harus menghabiskan biaya mahal.

Intinya, inovasi yang Anda lakukan haruslah mampu menjawab kegelisahan dan impian pelanggan kepada penawaran. Fokuskan energi Anda untuk melakukan inovasi kepada dua hal ini, yakni kegelisahan dan impian pelanggan agar mengarah pada penawaran yang Anda lakukan.

Contoh inovasi yang mampu menjawab kegelisahan dan impian pelanggan adalah maraknya katering yang menyediakan layanan pesan-antar menu makanan sehat.

Selama ini banyak katering yang menyediakan layanan pesanan makanan yang serba enak, tanpa memperhatikan kebutuhan orang-orang tertentu yang memang memiliki kebutuhan untuk makanan sehat. Nah, saat ini mulai banyak katering yang mulai peduli dengan kegelisan pelanggan yang sulit mendapatkan variasi menu makanan sehat serta keinginan (impian) mereka untuk mendapatkan menu harian yang sehat tapi tetap enak dinikmati.

Hal inilah yang membuat menu-menu sehat ini menjadi populer di kalangan masyarakat perkotaan dewasa ini yang sudah sangat memperhatikan gaya hidup sehatnya.

Penerapan Marketing Mix Era Masa Kini

Di era digital ini, perkembangan teknologi informasi telah membuka banyak peluang untuk sebuah bisnis menciptakan berbagai inovasi kreatif.

Teknologi informasi telah mendorong terciptanya hubungan yang mesra antara bisnis dan pelanggan. Hubungan yang sifatnya dua arah, penuh keterbukaan, dan sangat erat ini bisa peluang besar dan menjadi alat kreasi yang sangat dahsyat untuk menciptakan inovasi-inovasi yang menarik bagi pelanggan bisnis Anda.

Product

Di era sekarang ini, Anda tidak hanya bisa berinisiatif membuat produk (Product) saja, tapi juga bisa mengundang pelanggan Anda melakukan ko-kreasi atau melibatkan pelanggan Anda (walaupun belum tentu sepenuhnya) dalam kreasi produk.

Pada dasarnya pelanggan senang dilibatkan dalam proses. Dengan demikian mereka akan memiliki hubungan yang lebih erat dengan bisnis Anda.

Price

Penetapan Price atau harga pun tak harus kaku, tetapi dapat disesuaikan dengan kondisi. Anda bisa membuat harga yang fleksibel, bisa diturunkan ketika permintaan menurun, dan dinaikkan kembali saat permintaan bertambah.

Contohnya, rumah makan yang menyediakan promo harga hemat di jam-jam yang umumnya sepi pembeli.

Penetapan harga bisa Anda sesuaikan dengan waktu dan tingkat utilitas kapasitas bisnis Anda.

Place

Untuk Place, Anda tidak bisa lagi hanya memanfaatkan saluran pemasaran perusahaan saja. Anda harus mulai mengkombinasikannya dengan mengaktifkan peran komunitas (communal activation).

Jika dilakukan dengan tepat, mengaktifkan peran komunitas ini akan sangat efektif hasilnya, terutama di masa sulit seperti saat ini.

Pelanggan seringkali lebih mendengarkan apa komunitas ketimbang komunikasi yang dilakukan oleh pihak marketing suatu bisnis.

Promotion

Dalam melakukan promosi, Anda tidak boleh lagi hanya mengandalkan promosi vertikal dan satu arah saja, tapi harus mulai menjalin komunikasi yang sifatnya horizontal dan dua arah.

Aktivitas perusahaan pun sebisa mungkin menggabungkan aktivitas online dan offline agar bisa menjangkau semakin banyak pelanggan di berbagai media yang tersedia.

Bagaimanapun juga pelanggan Anda adalah manusia yang masih tetap membutuhkan hubungan personal dan emosional yang bisa dilakukan secara offline. Namun, pada saat yang sama, para pelanggan Anda membutuhkan kepraktisan dan kecepatan yang hanya bisa disediakan lewat layanan online.

Pebisnis yang baik paham bagaimanan mengintegrasikan offline dan online ini.

Jadi, jika Anda memulai bisnis Anda secara online, Anda bisa mulai mengupayakan agar bisnis Anda pun bisa hadir secara offline.

DEMIKIAN, paparan bagaimana 4P marketing mix sebaiknya dijalankan di masa sulit penuh disrupsi di era masa kini.

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *