Empat Jenis Aset Penting Bagi Pengusaha

Ada empat jenis aset penting bagi pengusaha yang harus Anda ketahui. Aset-aset ini bukan saja bisa menentukan sukses tidaknya bisnis yang Anda jalankan, tapi bisa menjadi bagian dari strategi Anda meraih kebebasan finansial di masa depan.

Mengapa demikian? Mari kita kupas satu per satu masing-masing aset ini.

Definisi aset sebagaimana sudah kita ketahui bersama adalah segala sesuatu yang bisa menghasilkan pendapatan tanpa perlu campur tangan terlalu banyak dari si pemilik aset dalam prosesnya. Setiap aset adalah bentuk investasi yang pasti memiliki resiko dalam perkembangannya. Besarnya resiko tentu sebanding dengan besarnya penghasilan yang diperoleh dari masing-masing jenis aset ini.

Aset pertama adalah aset kertas. Disebut aset kertas karena memang secara fisik aset ini hanyalah lembaran kertas yang menyatakan nilai sesuatu yang berharga. Yang termasuk dalam kategori aset kertas adalah saham, reksadana, surat berharga, dan bahkan saham kosong.

Jika Anda memiliki ide bisnis serta waktu dan tenaga tetapi tidak memiliki modal uang sama sekali, Anda bisa mencari rekan yang memiliki sumber pendanaan bagi ide bisnis Anda dan sebagai imbal hasilnya, Anda bisa meminta saham kosong sebagai imbal hasil ketika usaha Anda nanti sudah berjalan baik.

Aset kertas ini bisa menjadi pilihan investasi jika uang yang Anda hasilkan dari profit bisnis Anda belum besar. Saat ini dengan hanya beberapa ratus ribu rupiah saja, Anda sudah bisa berinvestasi di reksadana.

Aset kedua yakni aset fisik. Aset fisik merupakan aset yang memiliki bentuk fisik dan memiliki nilai yang bisa ditaksir dari bentuk, ukuran, letak, dan lain-lain. Contoh aset fisik antara lain, kos-kosan, apartemen sewa, ruko, dan lainnya.

Jika simpanan uang yang Anda miliki sudah cukup membeli aset fisik, investasi di properti masih menjadi investasi terbaik dan terfavorit saat ini. Kelemahan investasi di aset fisik seperti properti adalah ketika hendak menjualnya, tidak bisa secepat ketika menjual aset kertas.

Aset ketiga adalah aset maya, atau tidak terlihat, adalah jenis aset yang Anda miliki di dunia maya atau dunia online. Bisnis di internet adalah contoh aset maya ini. Misalnya Anda memiliki situs blog yang mampu menghasilkan uang dari iklan ataupun berjualan produk-produk afiliasi.

Rekomendasi artikel :   Sadari Perubahan Sedari Dini Jika Anda Tidak Mau Kandas Tergilas

Di dunia yang hampir serba terhubung melalui jaringan internet saat ini, berinvestasi atau membangun aset di dunia maya layak menjadi pertimbangan bagi Anda. Banyak pebisnis internet yang menghasilkan pendapatan tinggi di bisnis internet dengan modal yang minim.

Aset keempat adalah aset manusia atau lebih dikenal dengan aset sumber daya manusia. Bagi saya, aset inilah yang paling penting bagi bisnis. Tanpa sumber daya manusia yang baik dalam tim Anda, niscaya bisnis yang Anda jalankan tidak akan berkembang dengan baik.

Nilai dari sumber daya manusia ini bisa Anda tingkatkan dengan cara memberikan pelatihan pengembangan diri, pelatihan manajerial, dan pelatihan lainnya secara berkesinambungan.

Jika bisnis Anda sudah menghasilkan profit yang baik, tidak ada salahnya menyisihkan sebagian profit Anda untuk membangun aset sumber daya manusia bagi diri Anda sendiri dan tim bisnis Anda.

Hanya dengan cara begitu, ketika bisnis Anda sedang mengalami percepatan perkembangan, Anda dan orang-orang yang Anda andalkan menopang segala operasional bisnis Anda sudah mampu secara kapasitas dalam menjalankan percepatan tadi.

Lalu, bagaimana aset-aset ini bisa menghantarkan Anda kepada kebebasan finansial yang Anda idam-idamkan? Tentu saja jawabannya adalah ketika berbagai jenis aset yang Anda miliki sudah mampu menghasilkan pendapatan yang besarnya minimal sama dengan besarnya pengeluaran dasar yang Anda butuhkan untuk hidup.

Oleh sebab itu, banyak perencana keuangan yang memberikan nasihat untuk selalu menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk diinvestasikan kepada aset-aset produktif, termasuk investasi kepada isi kepala Anda tentunya.

Selamat menghasilkan profit dan menginvestasikannya kepada aset-aset yang produktif! ^^

download ebook videobook gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *